Arema Indonesia Jajal Formasi Baru Melawan GU

Selasa, 5 Maret 2013 - 16:32 WIB • Dibaca 120 kali

Para pemain Arema melakukan persiapan terakhir – Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Arema Indonesia tengah menjajal pola formasi berbeda jelang persiapan akhir sebelum ladub ke Gresik. Pagi kemarin (5/3), headcoach Rahmad Darmawan (RD) melatih skuad berjuluk Singo Edan untuk menjalankan formasi yang sebelumnya jarang dipakai dalam pertandingan.

Baca Juga

“Hari ini kita menitikberatkan pada taktikal dan pembelajaran pola formasi yang berbeda,” ungkap RD kepada Malang Post usai latihan di lapangan luar kompleks Stadion Gajayana. Pelatih berusia 46 tahun tersebut menjajal formasi dengan lima defender di belakang, tiga center back serta dua wing back.

Tiga defender tengah seperti Thierry Gathuessi, Munhar dan Victor Igbonefo saling koordinasi membendung serangan, sementara dua winger seperti Alfarizi, Benny Wahyudi dan Hasyim Kipuw menjadi “seterika” untuk maju membantu serangan dan mundur menjaga pertahanan.

Biasanya, RD selalu memakai dua formasi andalan 4-4-2 dengan gelandang flat yang mengandalkan tusukan penetrasi winger serta kombinasi umpan satu dua para gelandang tengah. Atau 4-2-3-1 yang memperkuat lini tengah demi beradu ball possession dengan tim lawan yang cenderung memiliki gelandang kuat.

Namun kali ini, sepertinya formasi 3-5-2 dengan dua sayap yang memiliki tugas ganda juga dilatih dalam tim. Besar kemungkinan, tactician asal Metro Lampung itu ingin memperbanyak senjata sebelum menghadapi GU agar strategi Arema tak mudah ditebak oleh duet asisten pelatih Suwandi HS dan Khusairi.

“Ya bisa dilihat sendiri, itu yang berbeda dalam latihan formasi hari ini, ada lima bek,” ujar RD singkat, tanpa mau menjelaskan mengapa melatih formasi baru. Namun, dengan sesi latihan formasi berbeda ini, pelatih yang berkediaman di Tangerang itu cukup yakin Arema bisa menangkal agresivitas barisan penyerang GU, seperti Aldo Barreto, Matsunaga Shohei, Gustavo Chena hingga Siswanto.

Namun, latihan pagi kemarin bukanlah latihan terakhir. Pagi ini, rencananya tim berlogo singa itu kembali melakukan sesi latihan, termasuk ujicoba lapangan Stadion Tri Dharma sebelum pertandingan besok. Dengan tambahan satu lagi waktu latihan, pelatih timnas U-23 Sea Games 2011 tersebut bisa yakin terhadap komposisi sebelas pemain yang turun serta formasi apa yang dipakai untuk mengejutkan GU.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs