Aremania Cetak Rekor Suporter Terbanyak

Senin, 4 Maret 2013 - 16:23 WIB • Dibaca 9,051 kali

Aremania, suporter sepakbola fanatik tim Arema Indonesia – Foto: ist

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Aremania boleh berbangga dengan prestasi yang ditorehkannya, sebagai suporter pendukung Arema Indonesia di kancah kompetisi ISL. Hingga Maret 2013, Aremania menjadi suporter terbanyak. Rekornya 154,025 penonton dari enam laga home tim berjuluk Singo Edan itu.

Baca Juga

Data ini kembali menobatkan Aremania, sebagai suporter paling masif yang ada di Indonesia. Jumlah lebih dari 150 ribu penonton, di semua laga Arema itu, mengalahkan penonton klub-klub besar manapun di ISL. Persib Bandung yang menempati posisi dua, tak bisa mencapai angka 100 ribu.

Viking dan Bobotoh, suporter Persib hanya mampu mencatatkan rekor 87,617 penonton, selama kompetisi bergulir hingga Maret 2013. Persipura Jayapura, musuh bebuyutan Arema, hanya bisa mencatat 79,328 penonton. Sriwijaya FC yang dikenal dengan Singa Mania-nya mencatatkan rekor 74,695 suporter sepanjang kompetisi bergulir. Pun, Gresik United yang disokong Ultrasmania, menempati peringkat lima dengan angka penonton 69,415.

Dari enam laga tersebut, Arema meraup pendapatan kotor Rp 4,2 miliar. Rata-rata pendapatan bersih per laga adalah Rp 720 juta. Korwil Aremania Jodipanesse, Mulyadi alias Mbah Gintul pun menyebut, sudah seharusnya Aremania selalu menempati posisi tertinggi dalam daftar jumlah penonton terbanyak ISL.

“Bukannya menyombong. Aremania suporter yang edan. Kemanapun tim berlaga, kami selalu ada. Fanatisme kami gila-gilaan. Apalagi kalau main di kandang, jumlah kita rata-rata tiap pertandingan tak pernah kurang dari angka 20 ribu,” ujar Mbah Gintul kepada Malang Post kemarin.

Aremania yang membentuk korwil pertama Arema itu menyebut, jumlah ini akan terus menanjak, seiring dengan prestasi tim yang semakin baik. Jika Arema terus berada di trek yang benar, yakni jalur juara, maka Aremania akan terus membanjiri semua pertandingan tim berlogo singa itu. Bahkan, Mbah Gintul yakin, Stadion Kanjuruhan yang jadi kandang Kayamba Gumbs dkk, tak akan bisa memuat Aremania yang mengalir dari berbagai penjuru Indonesia.

Seperti saat Arema menghadapi juara ISL musim lalu, Sriwijaya FC. Penonton membeludak hingga mencapai 40 ribu jiwa, sehingga pihak panpel harus membuka sentelban untuk ribuan suporter yang tak kebagian tempat duduk di tribun.

Pertandingan Arema lawan SFC sendiri menorehkan rekor lain. Laga yang digelar 24 Februari lalu itu merangsek ke puncak daftar 10 laga ISL dengan penonton terbanyak, tepatnya mencapai 40,002 suporter, memecahkan rekor Arema sendiri pada laga Arema vs Persiram Raja Ampat yang mencatatkan jumlah 29,591 penonton.

Namun, capaian jumlah penonton Arema kontra SFC tersebut, belum mampu memecahkan rekor penonton terbanyak sepanjang masa milik Arema. Tepatnya, musim ISL 2009-2010 saat pertandingan Arema Indonesia vs Persema Malang, 10 Januari 2010. Kala itu, jumlah penonton mencapai 43,570 orang dengan keuntungan bersih Rp 1,3 miliar.

Media Officer Arema, Sudarmadji pun melihat, rekor ini merupakan bukti bahwa Arema dan Aremania bakal mencetak rekor lebih banyak lagi. “Ini baru pekan kesepuluh. Ke depan Aremania pasti buat rekor terus, sejalan dengan prestasi tim di ISL,” tutur Sudarmadji.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
suporter terbanyak di indonesia Musuh Dan Teman Aremania suporter terbanyak di dunia jumlah suporter terbanyak di indonesia suporter terbanyak di indonesia 2013 suporter bola terbanyak di indonesia suporter terbanyak isl suporter terbanyak isl 2014 daftar suporter terbanyak di indonesia suporter terbanyak di indonesia 2014 aremania suporter fanatik aremania suporter terbanyak supporter terbanyak di indonesia suporter terbanyak di ISL Musuh aremania suporter terbanyak di dunia 2014 suporter terbaik isl 2014 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs