Tahun 2014 Pemkab Malang Lakukan Pendaerahan PBB

Jumat, 1 Maret 2013 - 19:34 WIB • Dibaca 100 kali

ILUSTRASI – Foto: Solo Pos

KEPANJEN, MALANGRAYA.info - Pemkab Malang siap melaksanakan pendaerahan PBB pada tahun 2014. Namun saat ini sudah dipersiapkan personel dan perangkatnya.  Menurut Willem P Salamena, Kepala DPPKA (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset) Kabupaten Malang, untuk pengadaan sarana dan prasarana saat ini sudah ada dua server dan tiga printer beserta alat pendukungnya.

Baca Juga

“Pada Desember tahun lalu, sudah mengadakan uji coba peralatan itu untuk mencetak SPPT (Surat pemberitahuan Pajak Tahunan) secara massal,” jelas Willem.  Pada tahun depan, PBB sudah resmi menjadi pajak daerah, bukan lagi pajak pemerintah pusat.  Sehingga seluruh hasilnya akan diterima oleh Pemkab Malang.

Pada saat ini, daerah hanya menagihkan dan mendapat insetif. Ditambahkan Willem, untuk peningkatan SDM yang menanggani PBB P2 (perkotaan pedesaan) sudah melaksanakan pembelajaraan intern di lingkungan DPPKA dan mengikutkan dalam bimbingan teknis yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan ke Dirjen Pajak.

Sedang untuk perangkat lainnya, yaitu sudah adanya perda PBB yang diatur dalam perda No 8 Tahun 2010 tentang pajak daerah. Pemkab Malang sendiri berharap target perolehan PBB pada tahun ini bisa tercapai sehingga tetap mendapat insentif dari hasil pemungutan itu. “Hasilnya akan kembali ke Kabupaten Malang karena masih membutuhkan banyak anggaran untuk pembangunan,” kata bupati.

Karena itu, ia mendorong para camat agar target PBB di kecamatannya bisa bagus. Meski diakui bupati, ada sejumlah kecamatan yang tidak pernah sukses melunasi PBB-nya karena sejumlah faktor. “Tapi ada juga karena ulah oknum yang tidak mau segera menyetorkan hasilnya,” sindir bupati saat memberikan sambutan di acara penyerahan SPPT 2013 di Pendopo Agung, Kabupaten Malang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Surya
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs