PP Otoda UB Launching 1000 Relawan Pemantau Independen

Kamis, 28 Februari 2013 - 13:43 WIB • Dibaca 99 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info - Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PP Otoda) Universitas Brawijaya (UB) membentuk 1000 relawan tim pemantau independen. Launching 1000 relawan pemantau independen ini digelar di Bundaran Veteran, Kamis (28/2/2013).

Baca Juga

Koordinator Korlap, Sholehuddin mengatakan, tim independen ini
dibentuk demi mengawal proses Piwali Kota Malang agar lebih bersih jujur, adil dan bisa dipertanggung jawabkan. “Dan juga harus bersih dari kejahatan demokrasi. Ini karena indikasi kejahatan demokrasi di setiap gelaran Pemilukada, sangat mungkin terjadi,” tegas Sholehuddin.

Dikatakan Sholehuddin, beberapa kejahatan demokrasi yang seringkali terjadi dalam setiap Pemilukada diantaranya penggunaan fasilitas negara untuk kegiatan politik di luar tugas kenegaraan. Menurutnya, ini menyebabkan kerugian negara yang jumlahnya tidak sedikit.

Kejahatan demokrasi lainnya adalah tidak adanya  transparansi sumber dana kampanye. Imbasnya, muncul dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

Tidak hanya saat kampanye, ketika hari pemungutan suara, juga masih ada bentuk kejahatan demokrasi seperti tindakan intimidasi untuk memilih salah satu calon. Serta penggelembungan suara yang masuk saat pencoblosan.

“Tetapi yang paling sering terjadi ialah praktik money politics. Ini menu standar yang telah terjadi di setiap pesta demokrasi di Indonesia. Menu ini biasanya disajikan dalam bentuk serangan fajar,” sambung dia.

Sholehuddin menambahkan, apabila warga Kota Malang mengetahui adanya indikasi kejahatan demokrasi, mereka bisa menghubungi PP Otoda.

“Silahkan segera menghubungi hotline pengaduan kantor PP Otoda. Nomornya 0341 8170910,” sambung dia

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Surya
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs