Tidak Bisa Bayar, Mantan TKW disandera PJTKI

Rabu, 27 Februari 2013 - 16:56 WIB • Dibaca 147 kali

Yupita Ramantika mantan TKW yang disandera PJTKI yang memberangkatkannya ke Taiwan – Foto: malang post

SUKUN, MALANGRAYA.info – Anggota Polres Malang Kota dan Polsekta Sukun, kemarin siang ‘membebaskan’ seorang mantan tenaga kerja wanita (TKW) dari rumah Desi, 35 tahun, pegawai PT. Iin Era Sejahtera di Jalan Bukit Tanggul P-05 Malang. TKW tersebut yakni Yupita Ramarantika, 18 tahun, asal Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Jember.

Baca Juga

Hal ini dilakukan setelah keluarga Yupita memberitahukan kepada polisi karena anaknya disekap lantaran belum menyelesaikan tanggungannya sebesar Rp 13 juta. Keterangan yang dihimpun, Yupita dipulangkan oleh majikannya di Taiwan, saat bekerja di sana selama dua bulan karena gadis ini dianggap tidak profesional dalam menjalankan pekerjaannya.

“Katanya, anak saya sering mainan laptop dan tidak niat bekerja,” terang Sujani, ayah kandung Yupita kepada wartawan. Mestinya, sesuai kontrak kerja dari PT Iin Era Sejahtera, dia terikat kontrak selama tiga tahun sebagai pembantu rumah tangga.

Kepulangan Yupita ini, tak urung membuat PT. Iin Era Sejahtera membebankan tanggungan sebesar Rp 13 juta sebagai ganti biaya pemberangkatannya tersebut.

“Tapi kami tidak punya uang sebesar itu. Saat anak saya minta dijemput, saya diberitahu kalau tanggungan itu harus dibayar lunas,” lanjutnya. Kedatangan aparat Polres Malang Kota dan Polsekta Sukun akhirnya mempermudah Yupita pulang.

Kasat Intel Polres Malang Kota, AKP Imam Solikin yang turun langsung menjelaskan, perkara Yupita sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Dia membeberkan, Yupita berangkat pada 1 Januari 2013 lalu dan dipulangkan oleh majikannya 26 Febuari 2013 lalu.

“Kepulangannya itu karena dianggap tidak profesional. Namun, ini sudah diselesaikan dan Yupita mencicil tanggungannya via bank BNI yang sudah ditunjuk,” tegas dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs