Waspada Jual Beli Kunci Jawaban UN

Selasa, 26 Februari 2013 - 17:06 WIB • Dibaca 172 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Malang mulai mewaspadai adanya indikasi praktik jual beli kunci jawaban Ujian Nasional (UN). Sebab sejumlah siswa mulai ditawari untuk membeli kunci jawaban soal UN 2013.

Baca Juga

“Sudah ada yang lapor kepada saya katanya ditawari membeli kunci jawaban, tentu ini harus diantisipasi,” ungkap Ketua MKKS SMA, Tri Suharno kepada Malang Post.

Tri menuturkan isu itu berasal dari salah satu siswanya di SMAN 4. Namun tidak jelas bagaimana bentuk penawaran yang diterima siswa. Karena itu ia terus mengingatkan agar siswa tidak mudah tertipu dan mau membeli kunci jawaban yang belum tentu benar.

“Langkah kami hanya membina dan membentengi saja, tidak sampai membentuk tim khusus untuk mencari sumbernya,” ujarnya.

Menurutnya kebocoran soal UN sangat kecil kemungkinan terjadi. Mengingat tahun ini pemerintah sudah mencetak soal UN yang berbeda untuk setiap siswa di kelas. Kalau dalam satu kelas ada 20 siswa, maka masing-masing akan menerima soal dengan tipe yang berbeda pula.

Sementara itu kemarin try out UN jenjang SMA/MA digelar untuk kali kedua. Try out diikuti sebanyak 6476 siswa di Kota Malang.

“Try out ini juga melatih siswa jujur meski soal ujian yang dipakai hanya satu tipe soal saja,” bebernya.

Mata pelajaran yang masih rawan ketidaklulusannya adalah Fisika dan Matematika. Ia berharap try out ke tiga yang akan dilaksanakan Maret mendatang sudah menunjukkan hasil yang memuaskan.

“Untuk mata pelajaran Fisika kegagalannya masih lebih dari 50 persen, masih harus berjuang lebih keras lagi,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs