PT Taspen Salurkan Dana Pensiun 122 Milyar Perbulan

Selasa, 26 Februari 2013 - 16:44 WIB • Dibaca 144 kali

ILUSTRASI – Foto: malang post

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Perusahaan dana pensiun terbesar di Indonesia PT Taspen (Persero) saat ini menyalurkan dana pensiun sebanyak Rp 122 miliar per bulan untuk 68 ribu pensiunan yang tersebar di wilayah Malang hingga Lumajang.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala PT Taspen Cabang Malang, Gampang Pamudji saat ditemui Malang Post di kantornya kemarin (26/2) siang. Menurutnya, pergerakan nilai dana pensiun setiap tahun tidak mengalami perubahan yang berarti.

“Sebagai ilustrasi, ada penambahan sekitar 10 orang, tapi ada pengurangan sebanyak sembilan orang. Jadi nilainya hampir tak mengalami perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun,” terang Gampang.

Pria asli Jogjakarta tersebut menjelaskan, saat ini ada sembilan instansi yang bekerjasama menyalurkan dana pensiun masyarakat, yaitu PT Pos, BRI, BTPN, Bank Mandiri, Bukopin, BTN, Bank Jatim, Bank Saudara, dan Bank Syariah Mandiri.

“Instansinya sembilan, namun untuk titik bayarnya saat ini berjumlah 313 di seluruh wilayah karesidenan Malang. Banyak, sebab layanan tak hanya di kantor pusat tetapi hingga level kantor unit,” urai dia panjang lebar.

Berdasarkan data yang dirilis oleh PT Taspen, saat ini bank dengan dana kelolaan pensiun terbesar adalah BTPN. Ada 250 ribu anggota PT Taspen dengan total dana pensiun yang disalurkan setiap bulannya mencapai Rp 48 miliar.

Gampang menambahkan, PT Taspen sejatinya masih membuka kerjasama dengan bank-bank lain, sepanjang instansi perbankan tersebut mampu memenuhi standart pelayanan untuk para pensiunan.

“Kami memiliki standart pelayanan yang harus dipenuhi oleh lembaga yang ingin bekerjasama. Melebihi standart boleh, tetapi tidak boleh di bawahnya. Instansi yang saat ini melayani para pensiun rata-rata memberikan layanan lebih dari standart yang kami tetapkan,” terang Gampang.

Ia melanjutkan, di tahun 2013, PT Taspen masih akan terfokus untuk melakukan peningkatan layanan kepada para peserta. Salah satu peningkatan pelayanan yang masih digodok di tingkat pusat adalah e-KARIP (Elektronik- Kartu Identitas Pensiun).

e-KARIP ini nantinya akan difungsikan sebagai alat otentifikasi pembayaran pensiun. E-KARIP juga akan dipergunakan sebagai ATM pada bank. Kartu ini juga bisa melakukan perintah transfer kepada rekening penerima pensiun.

“Selama ini, KARIP lebih kepada kartu identitas bagi pemiliknya. Untuk inovasi layanan e-KARIP, kami masih menunggu keputusan dari manajemen pusat,” jelas Gampang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs