Tes Psikologi Bagi Kepala Sekolah

Senin, 25 Februari 2013 - 16:42 WIB • Dibaca 431 kali

Foto: malang post

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Bupati Malang Rendra Kresna memberikan warning kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, untuk tidak mengangkat kepala sekolah negeri berdasarkan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN). Pengangkatan kepala sekolah harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan terukur.

Baca Juga

Untuk melihat kemampuan para kepala sekolah, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang melaksanakan tes psikologi bagi kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, penilik, dan pengawas sekolah se-Kabupaten Malang. Senin (25/2) kemarin, Bupati Malang membuka secara langsung tes psikologi para guru dan kepala sekolah di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

“Jangan sampai ada KKN dalam pengangkatan kepala sekolah. Tes psikologi akan mengetahui kemampuan dasar potensi seseorang dalam melaksanakan tugas. Mengingat tugas Kepala Sekolah sangat berat sebagai pemimpin atau tonggak yang mengarahkan dengan peraturan-peraturang yang berlaku di sekolah tersebut”, kata Bupati Malang Rendra Kresna dalam sambutannya di hadapan ribuan peserta tes psikologi, kemarin.

Orang nomor satu di Pemkab Malang itu berharap kepada semua peserta agar tetap fokus, konsentrasi, dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tes psikologi ini demi meningkatkan potensi sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Pentingnya meningkatkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki khusus dalam bidang Kepemimpinan, sikap dan cara kerja, serta kepribadian untuk pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.

Hasil dari tes ini akan ada empat penilaian, antara lain sangat disarankan, disarankan, kurang disarankan, dan tidak disarankan. Jika terdapat nilai yang tidak sesuai kurang disarankan dan tidak disarankan maka harus mengulang kembali tesnya.

“Tapi kalau sampai kali kedua tes hasilnya tetap sama, maka saya mohon maaf kalau tugas tambahannya sebagai kepala sekolah akan diambil lagi”, ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang Suwandi menambahkan, tes psikologi ini akan menjadi tes kemampuan dasar bagi kepala sekolah nantinya. Sebelum mengikuti diklat calon kepala sekolah, harusnya kepala sekolah harus sudah lulus tes kemampuan dasar. Jangan sampai setelah menjadi kepala sekolah diketahui hanya mendapatkan nilai kurang disarankan atau tidak disarankan. Pengangkatan kepala sekolah akan menjadi terukur dan sesuai dengan aturan. Tidak hanya asal menentukan tanpa dasar yang jelas.

“Hasil tes ini akan menjadi bahan pertimbangan bupati dalam menempatkan seseorang sesuai dengan jabatannya. Apakah seseorang itu sesuai dengan kemampuannya atau tidak menempati posisi jabatan itu. Harusnya, calon kepala sekolah harus lolos tes psikologi ini dan baru dapat mengikuti diklat kepala sekolah”, tegas mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang itu.

Sebanyak 1.278 peserta yang mengikuti tes psikologi ini diantaranya Kepala Sekolah sejumlah 1.110 orang, Penilik 44 orang, dan Pengawas 124 orang. Tes Psikologi akan berlangsung selama tiga hari dimulai pada hari Selasa hingga Kamis (26 – 28 Februari 2013) di Dodik Belanegara Kodam V Brawijaya Rampal Malang dan khusus untuk penilik dan pengawas harus menyertakan laporan kerja tahun 2012.

Ada tiga bentuk tes yang akan diujikan diantaranya tes tulis, tes wawancara, dan observasi. Hal ini sebagai bentuk kerjasama antara Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang, Dinas Pendidikan dengan LPM Universitas Wisnuwardhana yang memiliki lab psikologi.

“Kepala sekolah RSBI sudah mengikuti tes psikologi sebelumnya bersama kepala SKPD. Kalau yang sudah mengikuti tidak lagi mengikuti tes ini,” tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
pelatihan manajemen dasar bagi kepala sekolah SD dan SMA di timor leste yhs-mystartdefault berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs