UB (You Be) TV, Televisi Komunitas UB

Senin, 25 Februari 2013 - 16:02 WIB • Dibaca 160 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Suatu kebanggaan bagi Universitas Brawijaya (UB) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang bakal memiliki televisi komunitas. Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Humas dan koordinator IT FISIP telah melakukan serah terima surat RK (Rekomendasi Kelayakan) dari KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) di kantor KPID Jatim, Surabaya, Rabu (20/2) lalu.

Baca Juga

Televisi komunitas ini dinamakan LPK UBTV atau Lembaga Penyiaran Komunitas Universitas Brawijaya Televisi yang nanti dalam penayangaannya akan dikenalkan sebagai UB TV (You Be TV, Red).

UB TV akan hadir di channel 51UHF dengan frekuensi 3 km untuk sementara waktu dalam tahap trial atau uji coba. Namun jika izin penyelenggaraan penyiaran sudah turun maka You Be TV akan menjangkau radius 30 km.

Menurut Prof. Dr. Ir. H. Darsono Wisadirana, MS sebagai kepala penyiaran UB TV sekaligus dekan FISIP UB, tujuan didirikan UB TV adalah untuk menyalurkan hasil-hasil penelitian dosen kepada masyarakat dan untuk latihan praktek bagi mahasiswa.

“Selain itu juga bisa dijadikan sarana conference, jadi saat mengajar tidak harus ditempat yang sama, karena bisa memanfaatkan kamera sehingga bisa ditampilkan dalam waktu bersamaan,” terang Darsono Wisadirana kepada Malang Post.

Sementara program acara yang akan disajikan dalam waktu dekat ini adalah berita-berita seputar UB seperti seminar, bedah buku dan penemuan penelitian. Sedangkan kepengurusan dan pengelola UB TV diserahkan kepada FISIP karena mereka memiliki SDM yang sesuai dengan pertelevisian.
Lebih lanjut, Darsono Wisadirana mengaku untuk bagian produksi adalah dari Program Studi Informatika dan Komputer. “Untuk kepala bidang, kami akan merekrut empat orang mantan pegawai TVRI yang sudah pensiun dan memiliki jam terbang tinggi,” jelasnya.

Studio UB TV sendiri terletak di lantai 9 gedung rektorat dan production house berada di lantai atas perpustakaan pusat UB. Alat-alat produksi UB TV ini dibiayai oleh rektor Univeritas Brwijaya, dan rencananya minggu depan sudah mulai mengudara.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs