Pengusaha Homestay Gandeng Peternak Kembangkan Pariwisata

Senin, 25 Februari 2013 - 15:23 WIB • Dibaca 484 kali

ILUSTRASI – Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Para pengelola homestay atau rumah tinggal di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, mulai menjalin sinergi dengan peternak sapi perah agar lebih menarik wisatawan. Polanya, setiap tamu yang bermalam di homestay, diberikan minuman susu gratis.

Baca Juga

Kiat tersebut, ternyata mampu menarik minat wisatawan yang mulai bosan bermalam di hotel sehingga pilih bermalam di homestay Desa Oro-Oro Ombo yang sejak tiga bulan terakhir bisnis ini, mulai tumbuh menggembirakan.

Praktis, warga desa itu mampu memanfaatkan peluang keberadaan obyek wisata seperti BNS dan Jatim Park 2 (Museum Satwa). “Bonus itu adalah pemberian minuman susu segar secara gratis, yang disediakan oleh para peternak. Kami sengaja menggandeng peternak, agar mereka juga mendapatkan hasil lebih dengan adanya pariwisata yang semakin menggeliat ini,” ungkap Indarto, Sekretaris Pengeloa Informasi Pariwisata Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Oro-Oro Ombo.

Diungkapkan pula, minat warga di wilayahnya untuk beternak sapi belakangan ini mulai penurunan. Malahan banyak peternak yang menjual sapi perah, untuk kepentingan pedaging. Lahan-lahan yang dulunya digunakan sebagai penanaman rumput, sekrang juga mulai tidak berfungsi.

“Kami tetap menunjang, agar keberadaan peternak ini tetap eksis. Jadi kami menggandeng mereka untuk penyediaan susu kepada para tamu, yang menginap di homestay. Setiap tamu yang membayar homestay, mereka sudah membayar susu dan hasilnya akan dikelola olah peternak,” tegas Indarto.

Menurutnya, Pokdarwis berusaha menjadikan tamu sebagai anggota keluarga. Makanya, para tamu juga biasa akrab dengan warga di Desa Oro-Oro Ombo. Warga juga tidak segan-segan mengajak tamu, untuk memerah susu sapi. Bonus ini sangat mengasyikan, karena wisatawan bisa mengetahui bagaimana proses pemerahan susu sebelum menjadi bahan konsumsi.

“Kalau kita akrab dan menghargai tamu, mereka juga tidak segan-segan membelanjakan uang lebih, termasuk perah susu,” timpal Sudiono, salah satu peternak asal Desa Oro-oro Ombo.

Untuk bisa menikmati pemandangan alam pegunungan, seorang wisatawan bisa menyewa home stay yang banyak tersebar di kawasan kaki Gunung Panderman, Desa Oro-Oro Ombo. Untuk sewa perharinya, pemilik home stay memasang tarif mulai Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah per malam.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs