Komisi D DPRD Kabupaten Ancam Tolak Anggaran Sekolah

Senin, 18 Februari 2013 - 14:34 WIB • Dibaca 135 kali

Foto: infokepanjen.com

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Komisi D DPRD Kabupaten Malang mencak-mencak. Lembaga legislatif di wilayah ini geram akan buruknya kualitas pembangunan gedung sekolah yang dibiayai pemerintah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca Juga

Ironisnya, temuan Komisi D dilapangan untuk DAK tahun 2009, 2010 dan 2011 untuk rehab bangunan justru rapuh dan sudah dalam tahap rusak.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Malang, Unggul Nugroho, tegas mengatakan menolak pengajuan anggaran untuk perbaikan gedung sekolah yang diajukan melalui dana alokasi khusus tahun ini. “Ya kalau kondisinya belum lima tahun sudah rusak, jelas yang gak becus bangun itu siapa? Masak kalah sama proyek bangunan inpres,” tegas Unggul, Senin (18/2/2013) siang.

Pada beritajatim.com saat ditemui usai mengikuti rapat pansus dikantornya, Politisi Partai Gerindra itu menjelaskan, data yang didapat Komisi D hasil temuan untuk DAK 2009, 2010 dan 2011 ternyata banyak bangunan sekolah sudah rusak.

Padahal, sesuai kesepakatan harus lima tahun kondisi bangunan masih bagus. Tapi kenyataannya, sudah ada sekolah dari dana DAK tahun 2010 dan 2011 sudah diajukan lagi. “Kalau ada pengajuan perbaikan gedung sekolah ditahun ini, kami tegas akan menolaknya. Apalagi untuk yang sudah dibangun melalui dana DAK 2009, 2010, dan 2011,” urainya.

Unggul menambahkan, disejumlah tempat Komisi D menemukan sekolah yang sudah rusak. Padahal, sekolah tersebut sudah direhab lewat dana alokasi khusus 3 tahun sebelumnya. Dengan kenyataan ini, yang paling bertanggung jawab adalah rekanan maupun komite sekolah.

“Jika DAK itu melalui tender, otomatis rekanan proyek pengerjaan harus bertanggung jawab. Kalau swakelola, ya pihak komitenya. Masak alokasi dana begitu banyak kalah dengan sistem bangunan inpres,” pungkasnya.

Ditenggarai, ada banyak bangunan rehab sekolah yang sudah rusak meski dibangun melalui anggaran DAK 2009, 2010, dan 2011 baik proses tender dan swakelola.

Buruknya kualitas pengerjaan meski anggaran DAK mencapai ratusan milyar, diduga terjadi karena banyaknya fee proyek maupun markup anggaran yang menjurus korupsi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs