Ribuan PNS Pemkab Malang Belum Miliki Rumah

Senin, 18 Februari 2013 - 10:09 WIB • Dibaca 152 kali

Foto: infokepanjen.com

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Lebih dari 5.400 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Malang belum memiliki rumah tinggal sendiri. Akibatnya, mereka terpaksa tinggal dirumah kontrakan maupun kerabat keluarga sendiri.

Baca Juga

Mereka ini merupakan para PNS golongan 2 dan golongan 3. Bukan hanya
golongan dua dan tiga tersebut, tapi bagi para PNS yang baru masuk menjadi abdi Negara juga sangat banyak yang belum memiliki rumah sendiri.

“Di Pendopo Pemkab Malang saja, ada sekitar 6.000 PNS, dari jumlah ini sekitar 30% yang belum memiliki rumah. Di luar Pendopo juga begitu, sekitar 30% yang belum memiliki rumah dari keseluruhan PNS di Kabupaten Malang,” ujar Kepala Kantor Perumahan, Wahyu Hidayat, Senin (18/2/2013).

Menurutnya, sekitar 18 ribuan PNS di Kabupaten Malang. Pihaknya memperkirakan, masih sangat banyak yang belum memiliki rumah sendiri. Angka 30% merupakan angka rata-rata secara kasar. Secara hitungan langsung, pihaknya masih akan melakukannya untuk memetakan kepemilikan rumah para PNS.

Masih dijelaskan Wahyu, untuk PNS yang baru masuk, rata-rata gajianya sudah di atas Rp1 juta lebih. Namun, pemerintah sebenarnya telah menyediakan banyak program untuk kepemilikan rumah bagi PNS.

Apalagi, Bapertarum telah menyediakan bantuan uang muka, selain itu fasilitas subsidi juga telah disediakan oleh Kementerian Perumahan Rakyat. Terkait PNS belum memiliki rumah tersebut, pihaknya saat ini sedang menggalakkan perumahan PNS di Jalan Lintas Barat (Jalibar) Kota Kepanjen. Strategi dari Pemkab Malang yakni, membangun kawasan perumahan bagi para PNS mendekati tempat kerja mereka.

“Contoh jika tempat kerjanya di Kecamatan Gondanglegi, ya kita bangun kawasan perumahan PNS di daerah Gondanglegi. Sekitar Kota Kepanjen kita bangun nanti perumahan untuk PNS, bukan hanya di Jalibar yang sekarang telah berdiri,” tegasnya.

Ia melanjutkan, program perumahan bagi PNS tidak akan berhenti setelah kawasan Perumahan Kanjuruhan di Jalibar untuk para pegawai selesai dibangun sebanyak 371 unit rumah. Pasalnya, pembangunan perumahan untuk para PNS yang belum memiliki rumah merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Panjang (RPJMP).

“Sebenarnya para PNS itu sangat mudah mendapatkan rumah karena banyaknya bantuan dari Bapertarum, subsidi pemerintah baik Kemenpera maupun bantuan dari Pemkab Malang sendiri. Bila masih belum memiliki rumah, hal itu memang karena PNS tersebut tidak mau memiliki rumah,” ungkapnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs