Jelang Lebaran

Warga Diimbau Waspada Daging Sapi “Sakit”

Selasa, 14 Agustus 2012 - 10:25 WIB • Dibaca 230 kali

ILUSTRASI – Foto: antara

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Warga Kota Malang diimbau untuk waspada dengan peredaran daging sapi “sakit”. Pasalnya, belum lama ini ditemukan adanya daging sapi yang sudah mengandung cacing disejumlah pasar.

Baca Juga

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Malang Yudi Broto, Selasa (14/8). Pihaknya mengakui, ketika timnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional, ditemukan adanya daging sapi yang mengandung cacing hati.

“Persentasenya memang sangat kecil sekali jika dibandingkan dengan daging sapi yang beredar di pasaran, namun masyarakat harus tetap waspada dan cermat dalam memilih daging yang dibeli. Paling tidak tahu ciri-ciri daging yang sehat ketika melihat teksturnya,” tegasnya.

Namun demikian, lanjutnya, masyarakat tak perlu khawatir dengan ketersediaan daging sapi menjelang Lebaran tahun ini. Stok daging sapi maupun ayam cukup aman, meski harganya ada kenaikan tipis.

Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang , katanya, setiap harinya memotong sekitar 55 hingga 60 ekor sapi dan pada momen Lebaran ini jumlahnya ditambah menjadi 70 ekor dalam.

Sementara Direktur RPH Kota Malang Djoko Sudadi mengatakan, daging yang keluar dari RPH dijamin sehat karena setiap jagal (pemotong sapi) sudah bersertifikat, bahkan sebelum dipotong, sapi maupun kambing diperiksa terlebih dahulu.

“Sebelum dipotong, sapi maupun kambing tersebut diperiksa terlebih dahulu hingga beberapa kali guna memastikan sehat tidaknya hewan itu sebelum dikonsumdi masyarakat,” tegasnya.

Menyinggung adanya daging sapi yang masih mengandung cacing hati, Djoko khawatir justru sapi tersebut dipotong diluar RPH, sehingga kesehatan hewannya tidak bisa dipantau, bahkan tidak ada jaminan sama sekali.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs