Nokia Hadirkan Ponsel Berkamera 41 MP

Selasa, 14 Agustus 2012 - 08:40 WIB • Dibaca 637 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Tidak ada yang bisa membantah keistimewaan Nokia 808 Pure View dalam mengabadikan momen lewat jepretan kamera. Bagaimana tidak, ukuran kameranya sangat fantastis, yakni 41 megapiksel. Hingga sekarang, belum ada smartphone lain yang berani berspekulasi seperti Nokia Pure View.

Baca Juga

Hanya saja, seperti apa sebenarnya performa dari kamera yang tergolong ”raksasa” untuk ukuran kamera ponsel? Staf pengelola Tiga Putra, Hani Ika Nilangsari menerangkan, Nokia cukup konsisten menggarap Nokia Pure View 808. “Kameranya menjadi nilai jual utama,” papar Hani kepada Malang Post.

Untuk membungkus resolusi kamera raksasa ke dalam smartphone yang relatif kecil, Nokia telah menggandeng Carl Zeiss. Kerjasama ini berupa penanaman sensor khusus untuk kamera Pure View. Dengan sensor tersebut, hasil jepretan kamera berukuran 41 megapiksel itu terkompresi dalam file JPG yang tak terlalu besar.

Untuk pemotretan dengan resolusi 38 megapiksel, ponsel ini hanya memakan kapasitas 3 megabit saja. Bahkan, resolusi yang lebih rendah hanya membutuhkan besaran file 1 megabit. ”Kualitas gambarnya tak akan pecah setelah dilakukan pembesaran beberapa kali,” tutur Hani.

Selain sensor khusus, ia melanjutkan, fitur kamera Pure View dilengkapi dengan teknologi lossless zoom. Fitur ini berbeda dengan digital zoom atau optical zoom. Lossless zoom memaksimalkan fungsi sensor yang memberikan gambar padat dengan uuran file yang tak terlalu besar.

”Jepretan Pure View tak akan menghabiskan spasi memori,” terangnya. Efek bokeh atau blur juga bisa diminimalisir oleh Nokia 808. Pasalnya, kamera dilengkapi focal length hingga 8.02 milimeter, sementara smartphone kamera standar hanya memiliki focal length 4 milimeter.

Rekaman video Pure View juga tergolong eksepsional. Nokia mengklaim bahwa ponsel ini mampu merekam dan memainkan video HD 1080p. Pengambilan gambar pun bisa di zoom 4 kali tanpa mengurangi kualitas gambar.

”Pengguna bisa menzoom hingga 6 kali untuk gambar dengan kualitas 720p,” tambahnya.

Bagaimanapun, ukuran resolusi dan teknologi yang diterapkan ponsel seharga di atas Rp 5 jutaan itu dalam kameranya memang selalu impresif. Terobosan vendor asal Finlandia ini telah terlihat dari ponsel generasi sebelumnya. Sebut saja, Nokia N95, N86 dan N8 sempat mengguncang pasar ponsel karena menawarkan resolusi kamera bermegapiksel tertinggi dibandingkan handset lain.

Sekarang, Pure View 808 yang memenangkan penghargaan sebagai handset terbaik tahun 2012 versi Mobile World Congress itu menjadi andalan Nokia. Tampaknya, tidak ada user Nokia atau pecinta gadget yang tak terkejut saat mendengar bahwa Pure View 808 menawarkan resolusi kamera sebesar 41 megapiksel.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : mqh
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs