Pencairan Tunjangan Guru PNSD Terhambat

Senin, 13 Agustus 2012 - 09:33 WIB • Dibaca 393 kali

ILUSTRASI – Foto: shutterstock

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Tambahan penghasilan guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) yang diberikan kepada para guru yang belum bersertifikasi hingga kini belum cair. Tunjangan ini besarnya Rp 250 Ribu per bulan per kepala dan diberikan setiap tri wulan sekali. Pada triwulan pertama, sejak Januari hingga Maret pemberian tunjangan ini berlangsung lancar.

Baca Juga

Namun kendala muncul di triwulan kedua tahun 2012, yakni mulai bulan April hingga Juni. tambahan penghasilan guru PNSD Kota Malang mulai tersendat. Kasubag Keungan Dikbud Kota Malang, Lilik Dwi Riyani mengatakan, dana tersebut memang belum cair. “Memang belum keluar untuk perode April hingga Juni,” kata Lilik.

Menurutnya, terhambatnya pencairan tunjangan non sertifikasi ini dikarenakan pemberlakukan sistem SPJ rampung. Artinya, dana baru akan diberikan dana yang dijanjikan jika SPJ dari Dikbud Kota Malang sudah diselesaikan dan ditandatangani oleh calon penerima di masing-masing sekolah.

“Kalau semua sekolah sudah tanda tangan penerimaan tunjangan baru bisa disalurkan. Kendalanya, tidak semua sekolah segera menyelesaikan SPJ itu. Sementara itu, kami juga tidak mungkin melaporkan SPJ itu ke pusat, bagian keuangan fungsional di Jakarta jika belum tertanda tangani semua,” lanjut Lilik.

Pihak Dikbud Kota Malang tidak mau mengambil resiko dengan mengirimkan SPJ yang belum tertanda tangani semua. Dikhawatirkan nanti akan ada penerimaan dobel dari PNS non sertifikasi baik yang berasal dari lingkungan Dikbud maupun Depag Kota Malang.

Untuk saat ini, pengajuan tunjangan non sertifikasi ini sudah dikirimkan ke Pemerintah Daerah Jawa Timur pada 8 Agustus lalu. namun hingga kini, masih belum cair. Rencananya, dana kotor sebesar Rp 860 Juta itu akan dibagikan kepada 1.148 guru non sertifikasi.

“Semua guru yang belum tersertifikasi baik TK hingga tingkat SMK dan sederajat akan mendapatkan tambahan penghasilan PNSD ini,” imbuh Lilik. Tunjangan sebesar Rp 250 Ribu perbulan per kepala itu akan dipotong pajak yang dibebankan kepada penerima. Besarnya pajak bervariasi, tergantung dengan golongan. Golongan IV, kena pajak 15 persen. Untuk golongan III, 5 persen dan nol untuk golongan II.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : mqh
x close
kenapa dan ada apa sergu pns depag kab malang per jan-juni 2014 belum cair dan kapan cair kepastian cair sergu pns depag kab malang pencairan sergu pns depag kab malang berita malang raya berita kriminal remaja berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square harta karun majapahit daftar pemain arema keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro suporter terbanyak di indonesia arema penemuan benda pusaka kerajaan singosari Berita kriminal pemerkosaan this is arema arema 2011-2012 nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah meteor cell malang cross ad 305 sendang kamulyan daun emas ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs