Peni Suparto Lawan Nyalla

Rabu, 1 Februari 2012 - 10:53 WIB • Dibaca 343 kali

Peni Suparto (kanan) - Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – PSSI Pengprov Jatim memecat Peni Suparto sebagai ketua Pengcab PSSI Kota Malang. Surat pemecatannya diteken di Surabaya kemarin.

Baca Juga

“Bagi saya, Peni sudah saya pecat. Ada suratnya sudah ada. Nomornya saya lupa. Ada di sekretariat," tandas Ir. La Nyalla Mattalitti, Ketua Umum Pengprov PSSI Jatim kepada Malang Post di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa siang kemarin.

Namun pemecatan ini tanggapi dingin oleh Inep, sapaan akrab Peni Suparto. Mantan anggota DPR RI ini menyatakan sangat heran terhadap alur pemikiran La Nyalla Mattaliti yang memecat dirinya itu. Karena itu, Inep juga melawannya dengan tetap memimpin rapat konsolidasi yang dihadiri 26 Pengcab dari 38 Pengcab PSSI Jatim dan 19 klub dari 24 klub Divisi 3 PSSI Jatim di Hotel Regents Malang, kemarin siang.

"Saya ditunjuk sebagai Plt ketua PSSI Jatim dan diangkat melalui SK. Dalam SK itu disebutkan bahwa Pak La Nyalla sudah dipecat dari PSSI. Masa, sekarang saya dipecat Pak La Nyalla. Saya tidak mengerti alur pemikirannya," tegasnya kepada Malang Post.

Ia menyatakan bahwa saat ini hanya menjalankan tugas yang diberikan oleh PSSI Pusat. Karena itu ia tak mereaksi keputusan La Nyalla. Apalagi dalam konsolidasi kemarin, mayoritas pengcab dan tim hadir.

Menanggapi kesiapan Wagub Jatim, H Syaifullah Yusuf yang juga Ketua KONI Jatim non aktif, Inep menyatakan bersedia saja. “Tapi koridornya PSSI. Saya sebenarnya tidak mau menanggapi di luar PSSI. Ini urusan bola, jangan dicampuradukan dengan urusan lain," paparnya.

Secara terpisah, Gus Ipul menyayangkan adanya konflik yang terjadi.

“Saya ingin konflik ini tidak dibawah ke Jatim, cukup di Jakarta saja. Sekarang malah di Jatim," katanya saat ditemui di Hotel Santika Malang, kemarin.

Ia berharap Peni Suparto berkomunikasi dengan La Nyalla agar konflik yang kini terjadi itu dikembalikan ke Jakarta. Gus Ipul pun bersedia menjadi mediator khusus antara La Nyalla dengan Inep.
Tak Berimbas

Di Surabaya, Nyalla yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim ini, merinci alasan-alasan pemecatan Inep,sapaan akrabnya, sebagai Ketua PSSI Kota Malang. Berbeda dengan Surabaya, pemecatan Inep tidak berimbas terhadap organisasi PSSI Kota Malang.

"Kalau Surabaya Cholid Goromah dan PSSInya, satu kesatuan, semua kita bekukan. Kalau Malang khusus saudara Peninya yang kita pecat. Keduanya kita pecat bersamaan mulai kemarin," paparnya.

Menurut Nyalla, Inep dianggap orang yang tidak tahu diri. Seharusnya Peni mengerti kebijakan PSSI Jatim, yaitu menolak dan menganggap kepengurusan PSSI Djohar Arifin tidak sah.

Karena, lanjut dia, sejak 18 Maret 2011 lalu, Komisi Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) didukung 2/3 anggota PSSI se Indonesia minta diselenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Dengan kata lain, kepengurusan Djohar Arifin sudah tidak legitimasi lagi.

"PSSI Jatim sendiri, Minggu kemarin sudah sepakat tidak mengakui kepengrusan saudara Djohar Arifin. Seluruh klub dan pengurus PSSI sepakat menolak Peni sebagai caretaker," ucapnya.

Alasannya lainnya, kata Nyalla, Peni sebagai Ketua Pengcab PSSI Kota Malang dianggap telah memprovokasi klub dan pengurus PSSI lainnya di Jatim. Hanya karena dia mendapatkan SK dari PSSI kemudian Peni akan mengajak yang lainnya melakukan konsolidasi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs