Aksi Mahasiswa Warnai Upacara Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2011 - 12:24 WIB • Dibaca 673 kali

Foto: antara

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Aksi puluhan mahasiswa di Kota Malang mewarnai kegiatan upacara Sumpah Pemuda yang digelar oleh Pemkot Malang di pelataran Balai Kota setempat, Jumat.

Baca Juga

Aksi itu, digelar tiga elemen mahasiswa yang ada di Kota Malang, meliputi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Malang Raya.

Dalam aksinya, puluhan mahasiswa sempat menerobos barisan peserta upacara yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA, hingga berada di depan Balai Kota Malang, dan terjadi aksi mulut antara petugas dan mahasiswa.

“Kami hanya ingin menyampaikan tuntutan kepada Wali Kota Malang Peni Suparto yang sedang memimpin upacara, sebab kami berhak pula ikut dalam upacara ini,” kata Koordinator Aksi, Ari.

Ari mengatakan, setiap warga negara berhak mengikuti upacara Sumpah Pemuda, sehingga pihaknya memaksa menerobos barisan peserta upacara.

Sementara itu, dua perwakilan mahasiswa akhirnya diterima langsung oleh Wali Kota Malang, Peni Suparto dan melakukan pembicaraan di Balai Kota.

Dalam tuntutan yang disampaikan, puluhan mahasiswa meminta agar negara kembali fokus kepada UUD 45 dan Pancasila, yang didalamnya disebutkan menolak campur tangan asing dalam pengelolaan ekonomi, politik, hukum dan sosial budaya.

Selain itu, kembali menegakkan hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) dengan tegas tanpa tebang pilih serta melaksanakan ketahanan pangan dan energi, dan segera mengehentikan komersialisasi pendidikan serta mencabut UU penanaman modal asing.

“Kita minta kepada Pemkot Malang, menyampaikan tuntutan kami ke pemerintah pusat, salah satu tuntutannya adalah meminta pemerintah menolak campur tangan asing dalam pengelolaan negara,” kata Ari.

Usai diterima wali kota, puluhan mahasiswa yang menggelar aksi dan turut diamankan puluhan petugas Polresta Malang itu akhirnya membubarkan diri.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita peristiwa berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs