Mayoritas Nelayan Sendang Biru Tak Punya Ijin Melaut

Rabu, 5 Oktober 2011 - 09:34 WIB • Dibaca 354 kali

Foto: beritajatim.com

SUMBERMANJING WETAN, MALANGRAYA.info – Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang menyatakan jika 99 persen perahu milik nelayan Sendang Biru tak punya surat ijin melaut.

Baca Juga

Dari ratusan jenis perahu yang ada di tempat ini, masih 0,05 persen saja yang sudah mengajukan surat ijin. Sehingga, jika terjadi kecelakaan di laut DKP tidak bisa mendeteksi. “Kalau dihitung 99 persen perahu nelayan belum mengantongi ijin. Padahal, ijin untuk perahu nelayan itu ibarat STNK. Sehingga, penting untuk dimiliki setiap nelayan,” papar Kepala Bidang Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, DKP Kabupaten Malang, Imam Suyudi, Selasa (4/10/2011).

Dijelaskan Imam, pada dermaga dan pelabuhan ikan Sendang Biru di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, terdapat 198 perahu jenis kunting, 275 jungkung dan juga 383 untuk jenis kapal motor.

Dari semua ratusan perahu itu, sampai hari ini hanya sebagian saja yang mengurus surat ijinnya. Padahal, sesuai dalam Undang-Undang (UU), izin kepemilikan kapal baik itu milik perusahaan maupun nelayan sudah diatur dalam UU Nomor 21 Tahun 1992 tentang Pelayaran.

Hanya saja, UU tersebut akan dilakukan perubahan oleh pemerintah pusat. Sehingga dengan berdasarkan UU Pelayaran itu, maka setiap pemilik kapal yang beratnya dibawah 10 Gross Ton (GT) bisa mengurus ijin ditingkat Kabupaten. Jika berat kapal diatas 10 GT, barulah pengurusan ijin kapal dilakukan pada tingkat Propinsi. “Untuk bobot kapal dibawah 10 GT cukup tingkat Kabupaten. Saat ini, DKP mencatat jumlah nelayan di sendang biru berkisar 3408 lebih,” terang Imam.

Ditambahkan Imam, manfaat ijin kapal atau perahu, jika ada kecelakaan di laut, DKP ataupun pemerintah bisa mendeteksi siapa pemilik perahu itu. Sehingga, mudah untuk mengambil langkah dan pencegahannya. “Sosialisasi ijin untuk perahu sudah sering kami lakukan. Namun, kesadaran nelayan masih rendah. Dari ratusan jumlah perahu, yang punya ijin melaut berjumlah 34 saja,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs