ProFauna Kampanyekan Pelestarian Hutan

Selasa, 4 Oktober 2011 - 10:13 WIB • Dibaca 141 kali

ILUSTRASI - Foto: profauna.org

WAJAK, MALANGRAYA.info – Lembaga konservasi hutan dan satwa, ProFauna, menggelar kampanye pelestarian hutan dan satwa langka, Macan Tutul atau “Panthera Pardus” di Desa Wonokerto, Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, Senin (3/10) kemarin.

Baca Juga

Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan, kampanye ini merupakan kepedulian ProFauna bersama warga Desa Wonokerto karena semakin sedikitnya habitat Macan Tutul di desa setempat.

Rosek menjelaskan, populasi Macan Tutul yang dulu bisa dilihat di Desa Wonokerto, saat ini semakin mengecil dan hanya bisa dijumpai di kawasan Gunung Arjuna serta Taman Nasional Meru Betiri.

“Di kawasan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, populasi juga semakin sedikit, karena semakin rusaknya hutan di kawasan itu akibat pembalakan liar,” ujarnya.

Rosek khawatir, apabila kerusakan hutan itu tidak dihentikan, maka akan mengancam populasi satwa liar, termasuk Macan Tutul, sebab saat ini juga sulit ditemukan pepohonan liar yang berumur 100 tahun, karena telah ditebangi.

“Warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani ini bermukim di kawasan yang berbatasan dengan hutan di kawasan Taman Nasional,” katanya.

Melalui kampanye dari ProFauna tersebut diharapkan bisa mendukung pelestarian hutan di kawasan Taman Nasional, yang berbatasan dengan Wonokerto.

Rosek tidak menyebutkan berapa populasi terakhir Macan Tutul yang ada di kawasan itu, sebab pihaknya mengaku sudah tidak pernah lagi melihat binatang itu berkeliaran.

Sementara itu, dalam aksi kampanyenya, ProFauna memutar film pelestarian hutan dan diskusi dengan masyarakat setempat.

Rosek meminta, agar pihak terkait, khususnya Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) meningkatkan pengawasan dan mencegah pembalakan, karena ProFauna menilai aksi pembalakan terus berlangsung.

Data terakhir yang dimilik BB-TNBTS, pembalakan liar terjadi di Sumber Wedi, Dusun Bopong, Desa Sumber Putih, Kecamatan Wajak. Sementara dari lokasi kejadian ditemukan barang bukti 3 sepeda motor, dan sejumlah jenis kayu dadap, jarakan, bulu serta anggrung.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
pelestarian hutan berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs