Warga Mulyorejo Disiapi Tenda dan Modal Usaha

Selasa, 4 Oktober 2011 - 09:05 WIB • Dibaca 257 kali

ILUSTRASI

SUKUN, MALANGRAYA.info – Warga Kelurahan Mulyorejo digelontor tenda untuk usaha sekaligus bantuan modal. Bantuan yang diberikan itu berasal dari dana bagi hasil cukai (DBCH) dan kredit lunak dari BPR Jatim.

Baca Juga

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang, Dr Drs Ir Djarot Edi Sulistyo MSi mengatakan, jumlah tenda yang diberikan berupa 20 unit. Semua tenda itu diberikan kepada kelompok usaha milik masyarakat Mulyorejo.

Selain itu lanjut Djarot, pelaku usaha kecil di Mulyorejo juga mendapat suntikan kredit lunak untuk modal usaha. Namun sebelum mendapat bantuan modal, masyarakat harus membentuk kelompok usaha.

“Satu kelompok terdiri dari 20 orang. Masing-masing anggota kelompok mendapa bantuan modal usaha sebesar Rp 5 juta," jelasnya kepada Malang Post kemarin.

Mantan Kabag Humas Pemkot Malang ini mengatakan, masyarakat yang mendapat bantuan modal usaha itu memiliki berbagai jenis dagangan. Diantaranya pedagang sayur dan makanan.

"Prinsipnya bantuan usaha yang diberikan itu untuk mendukung usaha yang sifatnya memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat di sekitar pabrik rokok. Di Mulyorejo terdapat dan berdekatan dengan beberapa pabrik rokok," paparnya.

Sebelum menggelontorkan bantuan tersebut, lanjut Djarot, pihaknya memberi bimbingan teknis (bimtek) kepada masyarakat penerima bantuan. Bimtek sudah digelar pada Minggu (2/10) kemarin.

Lebih lanjut, Djarot mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Terutama masyarakat yang ada di sekitar kawasan pabrik rokok.

“Karena sifatnya pemberdayaan, maka kami awali dengan bimtek. Tujuannya agar program ini dipahami secara detail dan teknis oleh masyarakat penerima bantuan," jelasnya.

Jika masyarakat memahami secara detail tentang penggunaan bantaun, maka bantuan yang diberikan bisa direalisasi sesuai tujuan. Selain itu bermanfaat secara langsung kepada penerima bantuan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs