Pernikahan di Bawah Umur Masih Terjadi

Selasa, 4 Oktober 2011 - 08:33 WIB • Dibaca 1,051 kali

ILUSTRASI

BATU, MALANGRAYA.info – Meski UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dengan tegas melarang perkawinan di bawah umur, ternyata masih ada pasangan usia golongan itu yang menikah di di Kota Batu. Bahkan, tahun ini tercatat sudah 11 kasus.

Baca Juga

Dari sebelas kasus perkawinan di bawah umur itu, lima diantaranya terjadi di Kecamatan Bumiaji, lima kasus di Kecamatan Batu, dan satu kasus lainya di wilayah Kecamatan Junrejo.

"Di Bumiaji memang masih ada, namun jumlahnya tidak banyak, yakni lima pasangan," ungkap M Rosyad, Kepala KUA Kecamatan Bumiaji kepada Malang Post.

Menurutnya, perkawinan bisa dikatakan di bawah umur jika calon pengantin pria berusia kurang dari 19 tahun. Sedangkan perempuan, umurnya kurang dari 16 tahun sesuai yang diatur undang-undang tersebut.

KUA siap mencatat atau mengesahkan perkawinan di bawah umur, jika pasangan tersebut mendapatkan izin dari Pengadilan Agama. Bila tidak, tentu KUA tidak berani. Jumlah perkawinan di Kecamatan Bumiaji, sebanyak 350 per tahun. Sedangkan untuk Kecamatan Batu, antara 700 sampai 800 pasangan dalam setiap tahunnya.

Kepala KUA Junrejo, Arif Syarifudin juga membenarkan ada perkawinan di bawah umur meski hanya satu pasangan dalam tahun ini. Pasangan tersebut dinikahkan karena sudah ada izin dari Pengadilan Agama.

"Di Junrejo rata-rata ada 350 pasangan menikah selama setahun. Dari ratusan pasangan itu, ada satu pasangan perkawinan masih di bawah umur," tegas Arif.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
pernikahan dibawah umur pernikahan di bawah umur PERKAWINAN DI BAWAH UMUR kasus pernikahan dibawah umur perkawinan dibawah umur kasus perkawinan dibawah umur nikah dibawah umur nikah di bawah umur berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs