Kota Malang Siap Bangun Asrama Haji

Senin, 3 Oktober 2011 - 19:55 WIB • Dibaca 240 kali

ILUSTRASI - Foto: tempo

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kota Malang siap membangun asrama haji sendiri untuk memfasilitasi keberangkatan dan kepulangan jemaah haji dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Baca Juga

Pemerintah Kota Malang kini sudah menyiapkan sejumlah sarana untuk pembangunan asrama haji, seperti lahan dan lapangan udara.

Menurut Wali Kota Malang Peni Suparto, lahan milik Pemerintah Kota Malang di Kecamatan Kedungkandang sudah siap dipakai untuk pembangunan asrama haji.

Demikian juga dengan landasan pacu Lapangan Udara Abdul Rachman Saleh yang akan diperpanjang dari 2.000 meter menjadi 2.500 meter sehingga bisa dipakai untuk mendarat dan mengudara pesawat berbadan besar. “Tahun depan sudah siap dibangun,” kata Peni, Senin, 3 September 2011.

Dengan adanya asrama haji dan embarkasi di Malang, para calon jemaah haji asal Kota Malang dan sekitarnya tak perlu lagi ke Surabaya sehingga bisa menghemat biaya, tenaga, dan waktu.

Apalagi, kata mantan anggota DPR RI tersebut, setiap tahunnya jumlah warga Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang yang berangkat menunaikan ibadah haji cukup banyak. Jumlah itu belum ditambah dengan jemaah haji dari kota yang berdekatan dengan Malang, seperti Blitar, Kediri dan Tulungagung. “Sudah layak jika ada asrama dan embarkasi haji di Malang,” ujar Peni.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Abdul Manan Zakaria mengatakan setuju jika ada embarkasi haji di Malang. “Urusan berangkat dan pulang lebih mudah.” Namun, ia mengingatkan pembukaan embarkasi haji baru adalah wewenang pemerintah pusat.

Data di Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang menyebutkan, jumlah jemaah haji di tiga kota tersebut sebesar 2.973. Jumlah itu terbagi 1.117 orang dari Kota Malang, 1714 orang dari Kota Batu, dan 142 orang dari Kota Batu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
asrama haji MALANG info haji 2012 kota malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs