Dua CJH Berusia 90 Tahun Lebih

Senin, 3 Oktober 2011 - 19:14 WIB • Dibaca 162 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Tambahan kuota Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Malang memasukkan dua orang CJH yang usianya 93 tahun. Menurut Kasie Haji dan Umroh Kementrian Agama, Kabupaten Malang, Mukhari mengatakan, kedua CJH berjenis kelamin laki-laki.

Baca Juga

Lolosnya dua pria sepuh itu setelah Kabupaten Malang mendapatkan kuota tambahan CJH pada tahun 2011 ini. “Dua jamaah berusia 93 tahun. Keduanya adalah pria,” tegas Mukhari, Senin (3/9/2011).

Dijelaskan dia, tambahan kuota tahun ini mencapai 42 orang. Jumlah tersebut, dikhususkan pada lansia yang usianya diatas 60 tahun. Mukhari mengatakan, bagi dua CJH yang usianya 93 tahun maupun sudah lanjut, akan dilakukan pemeriksaan ketat terkait kesehatannya. Semuanya akan dipantau. Termasuk, menggunakan lampiran rekam medik.

“Khusus CJH sepuh kita mintai surat rekam medik. Itu adalah syarat utama guna memudahkan pemantauan dan observasi petugas,” katanya.

Mukhari menambahkan, hasil dari pemeriksaan dan tes kesehatan dan rekam medik nantinya, menjadi syarat lolos dan tidaknya CJH. Mereka, akan diberangkat dan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 86 dan 87 asal Kabupaten Malang. Namun begitu, Mukhari menerangkan jika usia tua, tidak menjadi jaminan CJH untuk batal haji. Pasalnya, ketahanan fisik seseorang tidak sama.

“Yang paling penting adalah persiapan dan ketahanan fisiknya. Kalau usianya tua tapi dia sehat, kan tidak masalah,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, jumlah CJH asal Kabupaten Malang pada tahun 2011 ini mencapai 1775 orang setelah ditambah kuota terbaru sebanyak 42 orang. Lebih dari 372 berusia senja diatas 60 tahun. Jumlah CJH meningkat dari tahun lalu yang hanya 1684 orang. Hanya saja, bagi CJH segera melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Jika pada saat yang ditentukan belum juga melunasi BPIH, keberangkatan CJH bisa ditunda tahun berikutnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs