Sembilan Kios Di Jalan Soehat Terbakar

Senin, 3 Oktober 2011 - 08:34 WIB • Dibaca 145 kali

Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kebakan menimpa sembilan kios yang berada di tepi Jalan Soekarno Hatta minggu (2/10) kemarin. Menurut Kapolsekta Lowokwaru Kompol David Subagyo, api berasal dari kios Yudi knalpot. Tapi apa yang menyebabkan api itu muncul, belum dikehui.

Baca Juga

"Beberapa saksi mengatakan, sumber api berasal dari kios Yudi Knalpot, yang berada di tengah dari seluruh kios yang terbakar. Pemiliknya kemarin tidak ada dan sampai saat ini tidak diketahui dimana keberadaannya," terang David kemarin.

Hanya saja, David menduga jika sumber api berasal dari las knalpot. Diduga, ada percikan las knalpot hasil pengerjaan knalpot sebelumnya.

“Ini yang masih diselidiki, kami akan memanggil pemilik kiosnya dulu, baru kemudian dapat memastikan sebab kebakaran," kata David lagi.

Asal api dari kios Yudi knalpot juga dibenarkan oleh Kuswari, 38 tahun, warga Jalan Manggar 46 B, pemilik kios mebel yang juga ikut ludes terbakar. Sekitar jam 09.00 saat dia bekerja di kios bersama Supiat, Wachid dan Soleh, dia melihat ada kepulan asap dari dalam kios Yudi knalpot yang berada di samping kiri kiosnya.

Bahkan tak lama kemudian api membesar dan langsung menyambar kiosnya. Bahkan saat mereka berupaya keras untuk menyelamatkan barang-barangnya, Soleh terkena kabel beraliran listrik di mata kirinya.

Soleh pun terpental. Dalam kondisi panik serta shock, Kuswari menolong Soleh yang saat itu kondisinya lemah akibat tersengat aliran listrik. Tubuh Soleh dibawa ke luar kios, selanjutnya oleh warga yang berdatangan ke TKP langsung dibawa ke RSSA Malang untuk perawatan.

Kendati upaya menyelamatkan barang sudah maksimal, namun nyatannya tidak seluruh barang berharga di kios mebel milik Kuswari terselamatkan. Bahkan satu motor Suzuki Spin yang di parkir di dalam kios tersebut juga terbakar. Api terus berkobar, dan cepat membesar lantaran banyaknya barang yang mudah terbakar.

Hal yang sama dialami Suyati, 47 tahun. Wanita yang membuka usaha warung Lamongan dan tinggal di kios tersebut mengatakan saat kejadian dia baru saja melaksanakan salat duha, sedangkan warungnya dijaga oleh Zulaikah, 14 tahun, keponakannya. "Semuanya terbakar. Saya tidak punya apa-apa lagi," kata Suyati.

Sementara Kholil Rosidi, 43 tahun, warga Jalan Manisa, Kelurahan Bumiayu pemilik kios dengan usaha barang bekas, mengaku tidak tahu menahu kejadian tersebut. Dia baru mengetahui kejadian ini setelah ada yang menelpon. "Kerugiannya saya sekitar Rp 100 juta," katanya dengan mata berkaca-kaca.

Lantaran besarnya api, petugas PMK Kota Malang butuh waktu tiga jam untuk memadamkan api. Sementara arus lalulintas, terpaksa ditutup untuk menghindari terjadinya sesuatu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs