Warga Keluhkan Pencemaran Udara PG Krebet

Minggu, 2 Oktober 2011 - 10:32 WIB • Dibaca 5,041 kali

ILUSTRASI

BULULAWANG, MALANGRAYA.info – Sejumlah warga Desa Krebet Senggrong, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, mengeluhkan pencemaran udara akibat sisa pembakaran pabrik gula (PG) di wilayah itu.

Baca Juga

Salah satu warga Desa Krebet Senggrong, Ahmad Saifullah, Sabtu mengaku, akibat pencemaran udara tersebut, sejumlah warga terpaksa menggunakan masker pada pagi hari ketika melalui kawasan PG, sebab udara tidak enak untuk dihirup.

“Selain udara di pagi hari, air warga juga kadang tercemar, dan itu terjadi setiap kali musim giling tebu yang dilakukan PG,” katanya.

Ahmad berharap, Pemerintah Kabupaten Malang bisa menindaklanjuti keluhan sejumlah warga dengan mencari solusi terbaik, agar warga yang tinggal di kawasan Desa Krebet Senggrong tidak terganggu dengan pencemaran air ataupun udara jika memasuki musim giling tebu.

Menanggapi keluhan warga, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang, sempat melakukan pemeriksaan terhadap kualitas udara di kawasan Desa Krebet Senggrong.

Kepala BLH, Cholis Bidayati mengatakan, pemeriksaan dilakukan karena adanya pengaduan masyarakat yang masuk ke BLH dan mengeluhkan pencemaran udara dan air di sekitar kawasan pabrik.

“Kata warga, saat produksi pada masa giling tebu, pabrik gula milik Rajawali Nusantara Indonesia ini mengeluarkan asap hitam pekat. Bahkan, asapnya mengandung jelaga yang mengganggu pernafasan,” katanya.

Cholis mengatakan, dari laporan yang masuk, masyarakat setempat mengaku mengenakan masker dan kaca mata untuk menghindari abu dan asap pabrik gula yang keluar.

“Untuk pemeriksaan terakhir, hasil uji lab udara di kawasan tersebut masih menunjukan di atas baku mutu, sehingga belum membahayakan,” kata Cholis

Meski demikian, pihaknya meminta seluruh industri yang ada di Kabupaten Malang agar mengolah limbah dengan baik. Tujuannya, untuk mengendalikan pencemaran lingkungan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita pencemaran udara berita tentang pencemaran udara pencemaran udara pabrik berita pencemaran pencemaran udara pencemaran udara akibat asap pabrik berita polusi udara berita pencemaran lingkungan artikel pencemaran udara pencemaran udara akibat pabrik pabrik gula krebet pencemaran udara di malang berita pencemaran udara terbaru artikel pencemaran udara akibat asap pabrik berita pencemaran lingkungan terbaru berita pencemaran lingkungan 2011 berita tentang pencemaran pencemaran udara di kota malang pabrik gula di malang berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square berita kriminal remaja daftar pemain arema pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang keris luk 13 harta karun majapahit pelacuran di malang pilkada malang 2013 sampah anorganik karoseri adi putro arema kerajaan singosari suporter terbanyak di indonesia this is arema arema 2011-2012 nexian pad penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang sendang kamulyan daun emas meteor cell malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs