East Java Shopping And Cultural Carnival 2011

EJSCC 2011 Dibuka Gubernur Malam Ini

Sabtu, 1 Oktober 2011 - 13:12 WIB • Dibaca 314 kali

ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pembukaan East Java Shopping and Cultural Carnival (EJSCC) hari ini, bakal berlangsung meriah dengan kehadiran Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pakde Karwo rencananya akan membuka EJSCC sekaligus meninjau ratusan stand UMKM mulai pukul 19.00. EJSCC akan digelar satu bulan penuh dengan target pendapatan mencapai Rp 3 triliun dalam rangka HUT ke 66 Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga

Hal itu dibeberkan Kabag Perindustrian dan Perdagangan, Biro Perekonomian Pemprov Jatim, Drs Achmad Basuki MSi saat meninjau persiapan stand EJSCC, kemarin.

Menurut Basuki, sapaan akrabnya, opening ceremony menjadi hiburan tersendiri bagi warga Malang. Dia mengajak masyarakat untuk menikmati even dan suguhan dari Pemprov Jawa Timur tersebut.

"Ada pesta kembang api serta hiburan akustik. Gubernur memiliki keinginan bahwa EJSCC ini menjadi milik masyarakat. Supaya masyarakat tahu hari jadi Provinsi Jawa Timur ini," bebernya saat di Balai Kota Malang, kemarin.

Menurut dia, kegiatan itu didukung lima asosiasi yakni Asosiasi Pengelola pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) DPD Jatim, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jatim, Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia ( Apkrindo) Jatim, Asosisasi Pengusaha Retail Indoesia Jawa Timur, Asosiasi Hotel Bintang, 3,4,5 dan Golf Jawa Timur.

"Lima asosiasi ini kita ajak memajukan ekonomi Jawa Timur yang saat ini menjadi barometer ekonomi nasional," tegasnya.

Pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mengalami kenaikan yang signifikan sampai triwulan pertama ini. Pada tahun 2010 lalu pertumbuhan ekonomi mencapai 6,69 persen dan sudah naik pada angka 7,12 persen pada triwulan pertama. UMKM memberikan sumbangan tersendiri pada pertumbuhan ekonomi itu.

"Kegiatan ini didukung sembilan mall di Malang serta 20 plaza dan mall di Surabaya. Sekitar 300 UMKM diberikan stand gratis di plaza dan mall," jelasnya.

Pemprov akan memperjuangkan jumlah UMKM yang diberikan hak paten melalui HAKI. UMKM selama ini sanggup bertahan dan memberikan kontribusi siginifikan bagi pertumbuhan ekonomi. Di sektor Batik, bahkan Provinsi Jawa Timur tercatat dalam rekor MURI.

"Jawa Timur memiliki 1.222 motif batik itu baru dari 22 Kota/Kabupaten Malang belum dari seluruh daerah yang jumlahnya 38, ini mengungguli Jawa Tengah yang motifnya hanya 1.101," katanya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan, Sekota Malang, Drs Parmin MSi mengatakan bahwa persiapan sudah final. Opening ceremony akan berlangsung heboh. Terbukti dari dua panggung yang ada di utara kantor redaksi Malang Post dan di timur Alun-alun Tugu.

"Kita tampilkan 100 UMKM di stand Jalan Kertanegara seperti UMKM batik, kerajinan tangan dan berbagai usaha masyarakat," jelasnya.

Sembilan Plaza dan Mall yang mendukung EJSCC diantaranya adalah Malang Town Square (Matos), Mall Olympic Garden (MOG), Malang Plaza, MX Mall, Sarinah Plaza, Plaza Araya dan Alun-alun Mall. Tempat-tempat tersebut juga akan diisi oleh UMKM untuk meningkatkan minat beli.

"Nanti mall-mall juga akan memberikan hiburan rakyat kepada pengunjung, sebagai salah satu sarana promosi UMKM," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs