Kasus Mobil Dinas Hilang Segera Disidang

Sabtu, 1 Oktober 2011 - 12:19 WIB • Dibaca 288 kali

Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Pemkot Batu segera menyidangkan kasus hilangnya kendaraan yang dipinjamkan kepada tokoh masyarakat atau ormas. Taibnya mobil Mitsubishi, N 834 KP yang dipinjamkan kepada PC NU pun, juga ikut masuk agenda sidang itu.

Baca Juga

"Kami masih menyusun jadwalnya, dan sidangnya sendiri akan dilakukan secepatnya sekaligus bertahap. Sedangkan hilangnya mobil yang dipinjamkan kepada PC NU, sidangnya juga bisa dilakukan berikutnya," ungkap Thomas Maido, Kasubag Inventarisasi Aset Bagian Perlengkapan Kota Batu.

Menurutnya, Pemkot melalui Bagian Perlengkapan harus melakukan tindakan sesuai prosedur ketika ada aset yang hilang. Prosedur itu antara lain, pembuatan berita acara pemeriksaan (BAP) maupun menyidangkan penanggungjawab pinjaman.

Apakah penanggungjawab kendaraan bakal mengganti atau tidak, hal itu tergantung keputusan sidang. Keputusan sidang dilakukan setelah tim melihat proses penggunaan hingga kronologi kehilangannya kendaraan itu. Karena itu bukti laporan polisi, juga dijadikan bahan pertimbangan.

"Kami harus melakukan langkah itu. Jika tidak, kami pasti akan disalahkan oleh BPK RI sehingga Laporan Hasil Penggunaan (LHP) APBD bisa disclaimer lagi," tegas Thomas.

Khusus untuk kendaraan Mitsubishi dari PCNU, tim aset sudah turun untuk mengetahui kebenarannya. Tim pun sudah mendapatkan data, jika mobil tersebut benar-benar hilang. Kini tim masih menunggu laporan tertulis dari penanggung jawab penggunaan kendaraan.

Sejak tahun 2006 lalu, ada lima unit mobil dan tiga unit motor dinas milik Pemkot Batu hilang. Kendaraan itu antara lain, Isuzu Panther, N 380 KP yang dipinjamkan kepada Karang Taruna Kota Batu. Empat mobil Suzuki Carry, yang dipinjamkan kepada pegawai di Dinas Pariwisata, Pertanian, Depag dan MUI. Sedangkan tiga motor yang ikut hilang, dipinjamkan kepada staf Dinas Pengairan dan Bina Marga, Aset dan Dinas Pertanian.

Kasus kehilangan kendaraan yang digunakan PNS sudah disidangkan, dan keputusan pengguna wajib mengganti. Sedangkan kasus kehilangan kendaraan yang digunakan tokoh atau ormas, sampai saat ini memang belum disidangkan. Mitsubishi Station yang dipakai H Rohman Hadi Ketua PC NU Kota Batu, hilang Senin (20/9) lalu di Jalan Sudiro.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
kasus mobil hilang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs