Relokasi Pedagang Pasar Batu di Pasir Mas

Sabtu, 1 Oktober 2011 - 12:10 WIB • Dibaca 358 kali

Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Investor Pasar Batu, PT Panglima Capital Itqoni sudah menyiapkan lahan untuk relokasi sementara bagi pedagang Pasar Batu. Lokasi tersebut berada di lahan kosong seluas dua hektare di Jalan Brantas yang dulunya dikenal Pasir Mas.

Baca Juga

Penampungan akan dibangun, jika pembangunan Pasar Batu sudah siap dikerjakan. Dengan lahan seluas itu bisa digunakan untuk menampung sekitar 4000 orang pedagang pasar.

"Lahan tersebut milik grup kami, sehingga penggunaannya dipastikan tidak akan terjadi masalah," ungkap Widi Dharma, Project Direktur PT Panglima Capital Itqoni kepada Malang Post.

Menurutnya, penampungan tersebut akan dibuat rapi sehingga pedagang dan pengunjung akan merasa nyaman. Lokasinya pun akan dilengkapi atap, begitu juga untuk pedagang emas akan disiapkan pengamanan agar layak digunakan untuk berdagang.

"Lokasinya pasti layak. Jika dibandingkan dengan kondisi Pasar Buah yang sekarang, pasti lebih nyaman di lokasi rencana penampungan itu. Sedangkan kondisi pasar buah sendiri, sangat memprihatinkan karena banyak bocor dan dindingnya rusak," tegas Widi.

Dia menambahkan sudah mempersiapkan konsep bangunan bernuansa wisata. Nantinya, pihaknya juga menyiapkan beberapa event untuk mendukung keramaian pasar seperti konser musik, pameran, dan beberapa festival lain sehingga pasar di penampungan itu bisa buka selama 24 jam.

Pihaknya pun berharap, pengerjaan pembangunan bisa dilakukan usai lebaran ini lantaran untuk penyelesaian pembangunan, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun, sehingga pedagang bisa menempati pasar baru pada lebaran tahun depan.

Investorpun masih menunggu penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama), untuk memulai pembangunan yang sudah diajukan Pemkot ke DPRD untuk pembahasan.

Di kalangan pedagang pasar sendiri, pro kontra pembangunan masih saja terjadi. Pedagang yang bergabung dalam Forum Komunikasi Pedagang Pasar (FK2P), sudah setuju jika pasar dibangun. Mereka siap apabila sewaktu-waktu dipindah ke penampungan sementara di kawasan Pasir Mas Jalan Brantas.

Damir, Ketua FK2P mengatakan, keadaan pasar terutama buah sangat tidak layak. Jalanya rusak dan kotor dan beberapa bagian banyak mengalami kerusakan.

"Kita harus bisa meninggalkan sesuatu yang baik untuk anak-anak kita. Kalau keadaan pasar tidak layak seperti ini, apa yang bisa kita berikan untuk anak – anak, padahal kami para pedagang mengais rezeki di pasar," tegas Damir.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
pasar batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs