Air Waduk Susut, Belum Perlu Hujan Buatan

Sabtu, 1 Oktober 2011 - 08:58 WIB • Dibaca 100 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Hujan buatan masih belum diperlukan untuk mengatasi masalah menyusutnya debit air di sejumlah waduk di Jawa Timur, kata juru bicara Perusahaan umum (Perum) Jasa Tirta I, Tri Harjono, Jumat.

Baca Juga

Tri beralasan, musim kemarau yang ada di wilayah Jawa Timur saat ini masih sesuai dengan pola yang telah ditentukan oleh tim koordinasi sumber daya air, sehingga belum memasuki kemarau yang berkepanjangan dan ekstrem.

“Hujan buatan, baru dilakukan jika terjadi kemarau yang berkepanjangan dan cuaca ekstrem, namun saat ini masih sesuai dengan pola yang ditentukan tim koordinasi pengelolaan sumberdaya air,” katanya.

Triharjono mengakui, musim kemarau yang melanda sejumlah waduk di Jatim mengakibatkan debit air di sejumlah waduk mendekati batas minimum “elevasi” (ketinggian permukaan air).

Meski demikian, Tri menganggap, hal itu masih diatas batas minimal yang ditentukan, dan masih mampu memasok air untuk kebutuhan irigasi, industri dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Sesuai pola yang ditentukan tim koordinasi pengelolaan sumberdaya air, kemarau akan terjadi hingga November, namun air di waduk masih dalam tahapan aman untuk persediaan kedepannya,” katanya.

Triharjono menegaskan, Perum Jasa Tirta I siap bertanggungjawab apabila terjadi kekeringan di daerah tangkapan air sepanjang aliran Sungai Brantas, sebab itu merupakan wilayah kewenangan Jasa Tirta I.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana mengusulkan hujan buatan ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, BPPT dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Usulan itu, didasari dari masalah kekeringan yang melanda Jawa Timur, sehingga sejumlah daerah mengalami kekeringan hingga habisnya sejumlah sumber air.

“Untuk daerah atau wilayah di luar irigasi sepanjang aliran Sungai Brantas, kami tidak mengetahui kondisi dan kebutuhannya, namun untuk di wilayah aliran Sungai Brantas, saya rasa belum memerlukan hujan buatan karena kebutuhan waduk masih mencukupi,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs