Cagar Budaya Jalan Ijen Beralih Fungsi

Jumat, 30 September 2011 - 12:38 WIB • Dibaca 1,172 kali

Foto: kompas

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Kawasan cagar budaya yang berlokasi di Jalan Ijen, Kota Malang, Jawa Timur, sudah berubah fungsi menjadi kawasan komersial sehingga perlu dikembalikan kepada fungsinya semula.

Baca Juga

Wali Kota Malang peni Suparto, Kamis, berjanji akan segera menertibkan usaha yang ada di kawasan Jalan Ijen tersebut.”Jalan Ijen harus dikembalikan ke fungsi semula sebagai kawasan cagar budaya,” kata Peni.

Ia mengakui, Pemkot Malang sudah sempat menegur pemilik usaha di kawasan tersebut, namun ternyata saat ini justru muncul lagi tempat usaha baru yang tidak berizin, yakni rumah makan Ampera.

Bahkan, lanjutnya, restoran Iga Bakar sudah berjanji akan segera menutup usahanya yang ada di Jalan Ijen akhir tahun ini (kontraknya sudah habis).

Menurut Peni, Jalan Ijen merupakan kawasan lindung dan cagar budaya sekaligus sebagai salah satu aset peninggalan yang dimiliki Kota Malang.Namun, kawasan peninggalan Kolonial Belanda itu sudah banyak yang beralihfungsi untuk kegiatan komersial dan direnovasi.

“Sekarang kami tidak akan memberikan toleransi pada pengusaha yang nekat mengubah fungsi kawasan cagar budaya tersebut menjadi kawasan lainnya termasuk komersial,” tegasnya.

Sementara pecinta benda-benda bersejarah Dwi Cahyono, sebenarnya Pemkot Malang memiliki Surat Keputusan (SK) Wali Kota tentang cagar budaya. Namun, SK itu lemah karena hanya mengatur kawasan, bukan pada perlindungan bangunan cagar budaya.

Dalam SK Walikota itu memang disebutkan kawasan Jalan Ijen, kawasan Kayutangan, Jalan Dr. Soetomo dan sejumlah titik lainnya adalah kawasan cagar budaya. Hanya saja, keberadaan bangunan kuno spesifik seperti yang ada di Jalan Ijen masih terabaikan.

“Yang harus dilakukan oleh Pemkot Malang adalah membuat regulasi (Perda) untuk menguatkan posisi bangunan-bangunan kuno termasuk kawasannya. Paling tidak bangunan yang wajib dilindungi itu yang telah berusia lebih dari 50 tahun,” ujarnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
jalan ijen malang jalan ijen jl ijen malang jalan ijen kota malang jl ijen berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs