Banyak Lembaga Kursus Tak Berizin

Jumat, 30 September 2011 - 08:08 WIB • Dibaca 270 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Dinas Pendidikan Kota Malang mengingatkan lembaga kursus untuk memroses izin operasionalnya. Sebab izin ini menjadi kewajiban yang harus dipatuhi untuk menjaga legalitas.

Baca Juga

"Jumlah lembaga kursus di Malang terus bertambah, karena itu kami berharap pengelolanya segera mendaftar ke Disdik," ungkap Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdik Kota Malang, Siti Ratna Wati kepada Malang Post.

Menurut Ratna, hampir setiap hari ada saja pengelola lembaga kursus yang mengajukan izin kepada Disdik. Jenis kursus yang marak di antaranya adalah bimbingan belajar.

Persyaratan mengajukan izin ini cukup mudah dan tidak mahal. Persyaratan mengacu pada standar yang ditetapkan pemerintah pusat. Di antaranya ada pelaksanaan pembelajaran, tempat lembaga, profil, guru, ijazah, rencana pembelajaran dan jadwalnya. Jika persyaratan yang diwajibkan sudah terpenuhi selanjutnya pengelola tinggal mengirimkan profil kepada Disdik.

Ditegaskannya tidak semua lembaga kursus yang mengajukan izin operasional bisa diloloskan. Sebab penilik Disdik Kota Malang akan lebih dulu melakukan cek lapangan untuk memastikan bahwa lembaga yang akan didirikan itu laik diberi izin. Sehingga jangan sampai masyarakat yang akan memanfaatkan jasanya dirugikan.

"Tetap ada proses penjajakan untuk melihat keberlanjutan programnya selama enam bulan, baru kalau benar layak akan diberi izin," tegasnya. Ratna menegaskan karena proses pengurusan izin yang mudah inilah tidak ada alasan bagi lembaga kursus untuk tidak berizin.

"Tidak benar kalau biayanya mahal, hanya persyaratannya saja yang harus lengkap," tegasnya.

Saat ini kata Ratna jumlah lembaga kursus di Kota Malang mencapai 266 lembaga. Jumlah yang tercatat ini adalah lembaga yang memiliki Nomor Induk Lembaga Aktif (NILEK). Lembaga ini diawasi oleh enam penilik atau pengawas Disdik Kota Malang.
"Jumlah penilik memang masih terbatas karena itu selama ini kami akui belum maksimal dalam hal pengawasan," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs