Minat Warga Tanam Pohon Rendah

Kamis, 29 September 2011 - 10:51 WIB • Dibaca 166 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post


KLOJEN, MALANGRAYA.info – Minat warga Kota Malang, Jawa Timur, menanam pohon di lingkungan tempat tinggal maupun di pinggir-pinggir jalan masih rendah.

Baca Juga

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, Wasto, Kamis, mengakui, minat tanam pohon warga setempat masih rendah, sehingga jumlah pohon pelindung di daerah itu dari tahun ke tahun semakin berkurang terutama yang ada di pinggir jalan

“Sebagian besar masyarakat kita beranggapan jika pohon tersebut menganggu bangunan rumah maupun tempat usaha mereka, sehingga ditebang seenaknya tanpa mengindahkan dampak jangka panjangnya,” ujarnya.

Padahal, lanjutnya, pohon yang berada di pinggir jalan berperan penting untuk mengurangi polusi udara serta menambah kadar oksigen yang menjadi kebutuhan dasar manusia.

Menurut mantan Kabag Hukum Pemkot Malang itu, jenis pohon yang paling bagus untuk ditanam di pinggir jalan adalah pohon trembesi karena memiliki beberapa keunggulan, di antaranyanya mampu menyerap air secara maksimal, menyerap udara kotor (polusi) serta mampu meredam polusi suara kendaraan.

Oleh karena itu, katanya, pihaknya menyediakan ribuan bibit pohon yang diberikan secara gratis kepada masyarakat. Siapapun yang ingin menanam pohon di lingkungan tempat tinggalnya bisa langsung menghubungi DKP setempat.

Ia mengemukakan, kalau ada masyarakat yang ingin mengajukan permohonan penanaman pohon, pihaknya akan langsung menerjunkan petugas untuk melakukan penanaman pohon di lingkungan pemohon secara gratis.

Hanya saja, tegasnya, tidak semua permohonan masyarakat untuk meminta penanaman pohon dipenuhi oleh DKP.”Kalaupun disetujui, maka masyarakat yang mengajukan penanaman pohon di sekitar rumahnya harus menyanggupi untuk merawat pohon tersebut,” tegasnya.

Belum lama ini sedikitnya 130 pohon pelindung yang ditanam di pinggir jalan banyak yang mati akibat diracun oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, terutama yang ada di depan kawasan perkantoran dan pertokoan.

Saat ini DKP Kota Malang menyediakan ratusan ribu bibit pohon berbagai jenis di lahan pembibitan yang berlokasi di Kedungkandang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs