DKP Sediakan Bibit Pohon Gratis

Kamis, 29 September 2011 - 09:30 WIB • Dibaca 123 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Warga yang ingin melakukan penghijauan tak perlu repot mencari bibit. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang menyediakan bibit gratis khusus untuk penghijauan. Sementara di sisi lain, antisipasi pohon rawan tumbang karena diterpa angin kencang terus dilakukan.

Baca Juga

Kepala DKP Kota Malang, Drs Wasto SH MH menjelaskan, warga yang ingin mendapat bibit gratis untuk penghijauan langsung menghubungi pihaknya. Caranya cukup mengajukan surat resmi.

Selain mengajukan surat, harus memastikan penanggungjawab dan warga yang melakukan penghijuan serta merawat. Tujuannya agar warga tidak sekadar menanam pohon tetapi juga memelihara agar tumbuh.

“Kami pasti memberi bibit gratis, tapi harus dipastikan siapa yang bertanggungjawab agar tanaman tumbuh. Termasuk siapa yang menyiram dan merawat," kata mantan Kabag Hukum Pemkot Malang ini.

Ribuan bibit gratis itu terdiri dari berbagai jenis. Namun tanaman penghijauan yang diprioritaskan yakni Trembesi. Alasannya jenis pohon ini memiliki multi fungsi. Di antaranya rindang, daya tahan lebih lama dan berfungsi sebagai peredam suara.

Karena itu cocok untuk tanaman tepi jalan yang bisa meredam kebisingan suara kendaraan. Selain menyediakan bibit gratis, mulai saat ini DKP menyiagakan petugas khusus untuk pemangkasan pohon rawan tumbang. Tim yang disiagakan itu didukung satu unit mobil sknorlift.

Pemangkasan dahan pohon terus dilakukan belakangan ini.Tujuannya antisipasi pohon rawan tumbang disaat terjadi angin kencang. Salah satu contohnya di sekitar Bundaran Tugu dan berbagai kawasan. Saat ini tercatat kawasan pohon rawan tumbang terdapat di hampir semua kawasan secara merata. Begitu mengetahui pohon atau dahan yang beresiko tumbang, langsung dilakukan pemangkasan.

Namun Wasto mengingatkan, pemangkasan pohon tidak boleh dilakukan sendiri oleh warga. Warga hanya boleh menginformasikan pohon rawan tumbang kepada DKP lalu diperiksa untuk dipotong.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs