Penerapan E-KTP Kota Malang

Dewan Desak Penambahan Perlengkapan

Kamis, 29 September 2011 - 09:27 WIB • Dibaca 68 kali

Foto: beritajatim.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Komisi A DPRD Kota Malang mendesak Pemkot Malang agar peralatan perekaman data e-KTP ditambah. Sedangkan masyarakat yang sudah tercatat sebagai wajib KTP diimbau untuk memenuhi undangan proses perekaman data di kantor kecamatan masing-masing.

Baca Juga

Desakan itu disampaikan Sekretaris Komisi A DPRD Kota Malang, Drs H Nuruddin Huda usai memantau proses pembuatan e-KTP yang sudah berlangsung sepekan di sejumlah kecamatan.

“Harus ada upaya yang konkret untuk penambahan alat perekam data kependudukan di masing-masing kecamatan. Sebab dengan dua peralatan saja tentu akan membutuhkan waktu yang lama," jelas Nuruddin.

Apalagi lanjut politisi PDI Perjuangan ini, warga yang tercatat sebagai wajib e-KTP sangat banyak. Kelurahan Kota Lama saja, tercatat 16.525 penduduk wajib e-KTP. Sementara peralatan yang tersedia hanya dua set saja. Padahal untuk perekaman data kependudukan membutuhkan waktu lima menit per orang.

“Awalnya pemerintah pusat menjanjikan 10 set peralatan perekaman data kependudukan. Tapi sekarang baru disediakan dua set peralatan. Kami berharap pemerintah pusat segera menambah peralatan," kata wakil rakyat asal daerah pemilihan Kedungkandang ini.

Anggota Komisi A, Drs Salamet mengimbau warga agar memenuhi undangan perekaman data e-KTP. Tujuannya agar tidak terjadi antrean panjang pada penambahan waktu perekaman data kependudukan pada hari Sabtu.

Imbauan Salamet ini berdasarkan tingkat kehadiran warga pada perekaman data e-KTP setiap harinya. Contohnya sejak pekan lalu sampai Selasa (29/9) tercatat baru 1002 warga Kedungkandang yang mengikuti perekaman data.

“Padahal bila sesuai kuota setiap hari sebanyak 300 warga yang diundang untuk perekaman data, maka mestinya sudah 1500 warga yang telah ikut perekaman data kependudukan," tambah anggota Komisi A, Sulik Listyowati SH.

Senada dengan Salamet, Sulik berharap kesadaran warga yang datang ke kantor kecamatan masing-masing meningkat pada pekan ini dan pekan-pekan mendatang.

“Kami berharap alat yang disediakan cukup dan petugas yang melakukan perekaman data semakin cekatan sehingga proses perekaman data kependudukan lebih cepat. Memang disadari, karena masih awal tentu butuh penyesuaian petugas dengan alat yang digunakan," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs