Dinas Pendidikan Razia Seragam Seksi

Kamis, 29 September 2011 - 08:52 WIB • Dibaca 1,542 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Khawatir mulai lunturnya budaya dan adat ketimuran di kalangan pelajar, Dinas Pendidikan Kota Malang akan menggelar razia baju seragam siswa. Razia ini akan diawali ditingkat pelajar SMA yang disinyalir mulai terpengaruh dengan budaya rok mini dan baju ketat.

Baca Juga

Menurut Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdik Kota Malang, Siti Ratna Wati, ada sejumlah pihak yang akan dilibatkan dalam program ini termasuk pihak kepolisian.

"Selama ini kerjasama dengan kepolisian baru sebatas razia handphone. Tahun ini baju seragam juga akan menjadi perhatian kami," ungkapnya ditemui di kantor Disdik kemarin.

Menurut Ratna, tradisi sopan santun dalam berpakaian saat ini tergeser dengan budaya trendi. Akses terhadap informasi yang begitu cepat membuat anak muda mudah meniru. Trend di barat pun mulai diimitasi oleh anak muda di Indonesia.

Padahal ada banyak efek negatif yang bisa saja muncul hanya karena etika berpakaian yang kurang pas ini. Baju ketat dan ditambah rok yang tingginya diatas lutut. Tak terkecuali siswa putra yang gemar mengenakan celana ketat saat di sekolah akan menjadi bidikan Disdik Kota Malang.

Idealnya bagi siswa putri, seragam bawahan atau rok yang dipakai minimal 2 cm dibawah lutut, potongan lengan maksimal 3 cm diatas siku, juga kancing baju atas yang tidak terlalu rendah. Yang remeh namun tidak bisa ditolelir adalah kebiasaan mengeluarkan baju atasan yang seharusnya dimasukkan rapi dengan ditambahkan ikat pinggang.

"Modis boleh tapi adat ketimuran tidak boleh ditinggalkan," tegasnya.

Wanita ramah ini berharap hasil sidak ini menjadi evaluasi terutama bagi sekolah dalam mengatur seragam untuk siswanya. Apalagi saat ini seragam di tiap sekolah berbeda tidak hanya putih abu-abu saja.

"Kalau perlu ada standarisasi baju seragam di Kota Malang," kata dia.

Untuk mengkampanyekan berbaju sopan dan rapi di sekolah ini, Disdik juga akan melibatkan aktivis OSIS di sekolah. Harapannya melalui OSIS bisa mengingatkan temannya untuk mematuhi aturan yang ada di sekolah. Termasuk penggunaan handphone yang disinyalir menjadi media mengakses gambar-gambar porno.

"Peranan guru konseling atau BP di sekolah sangat diperlukan, juga pengawasan dari kepala sekolah agar pelaksanaan kegiatan belajar tetap kondusif," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Petex_flatland

    urusi aja dlu pendidikan yg kurang baik dan pendidikan mahal bru mengurusi cara mereka berseragam….

    berikan para pelajar sedikit kebebasan….
    kalau yg dipentingkan dlu hal2 yg kurang penting kapan pendidikan kita bisa maju?

x close
seragam seksi rok mini sma rok mini smu rok sma seragam seksi razia rok mini dan ketat di sekolahan gambar guru sma pake rok dinas ketat gambar cewek seksi pakai seragam sekolah OSIS Gadis smu pake seragam ketat mini foto cewek sma berseragam sekolah seksi Foto cewek seksi pakai seragam osis dempak seragam sma mini dampak guru pake seragam ketat berita kriminal remaja berita malang raya harta karun majapahit berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square keris luk 13 daftar pemain arema suporter terbanyak di indonesia malang post pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang penemuan benda pusaka malang post kriminal Berita kriminal pemerkosaan meteor cell malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang karoseri adi putro sampah anorganik sendang kamulyan arema this is arema kerajaan singosari daun emas arema 2011-2012 kereta matarmaja nexian pad penemuan benda gaib pengolahan limbah sampah cross ad 305 limbah sampah ahmad bustomi Local Blogs
Local TopOfBlogs