Penerapan E-KTP Kota Malang

Minat Warga Urus E-KTP Rendah

Selasa, 27 September 2011 - 19:25 WIB • Dibaca 382 kali

Foto: beritajatim.com

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Minat warga Kota Malang untuk mengurus KTP elektronik di masing-masing kecamatan masih rendah.

Baca Juga

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Maimunah Sam’un, Selasa mengatakan, hingga sepekan penerapan KTP elektronik di daerah itu tingkat kehadiran warga di kecamatan rata-rata belum memenuhi target.

“Setiap kecamatan mengirimkan undangan untuk 300 orang per hari, namun yang datang rata-rata kurang dari separo, bahkan ada yang hanya dihadiri 138 orang. Di Kedungkandang juga baru 1.002 orang yang sudah selesai selama lima hari, seharusnya kan 1.500,” katanya usai inspeksi mendadak pelaksanaan KTP elektronik di Kecamatan Kedungkandang.

Selain tingkat kehadiran warga yang belum memenuhi target, kendala lain pelaksanaan KTP elektronik di Kota Malang adalah pengambilan sidik jari yang kadang-kadang tidak terdeteksi.

Oleh karena itu, kata politisi dari Partai Golkar itu, pihaknya mendesak agar pemerintah pusat segera mengirimkan alat pinjaman KTP elektronik yang dijanjikan agar target pelaksanaan KTP elektronik di daerah itu bisa terpenuhi.

Semakin banyak alat yang disediakan, katanya, maka undangan yang disebar juga semakin banyak, sehingga tingkat kehadiran masyarakat untuk mengurus identitas dirinya di kecamatan juga semakin tinggi.

Lebih lanjut Maimunah mengatakan, untuk meningkatkan animo masyarakat agar memenuhi undangan untuk mengurus KTP elektronik, pihak-pihak terkait mulai dari tingkat RT harus melakukan sosialisasi lebih gencar lagi kepada masyarakat.

Sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang rahman Nurmala mengatakan, target penuntasan KTP elektronik di setiap kecamatan saat ini rata-rata sebanyak 300 orang karena peralatan yang tersedia hanya ada dua unit.

Target awal sebanyak 1.500 dengan asumsi setiap kecamatan sudah menerima 8 unit peralatan. Dengan target sebanyak 1.500 per kecamatan itu diharapkan selama 100 hari sudah tuntas.

Warga Kota Malang yang saat ini wajib KTP elektronik mencapai 667 ribu jiwa, sehingga kalau di rata-rata setiap kecamatan wajib menuntaskan 1.500 KTP elektronik per hari selama 100 hari.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs