Langgar Ijin, Dua Pengusaha Kena Tipiring

Selasa, 27 September 2011 - 08:49 WIB • Dibaca 264 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Dua pengusaha di Kabupaten Malang diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen oleh Satpol PP dan Linmas Pemkab Malang. Keduanya dikenai tindak pidana ringan atas pelanggaran Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Hinderordonnantie (HO) tempat usahanya. Rencananya, sidang kedua pengusaha itu akan berlangsung Selasa, (27/9) hari ini di PN Kepanjen.

Baca Juga

Informasi yang dihimpun Malang Post, kedua pengusaha itu memiliki sektor usaha yang berlainan. Pertama atas nama Meria Octianti pemilik hotel di Jalan Raya Thamrin no. 21 Kecamatan Lawang. Dia diajukan ke meja hijau karena hotel miliknya tidak mengantongi izin gangguan (HO).

Adapun pengusaha lainnya bernama Edy Chandra Prasetya warga Villa Puncak Tidar Blok 15 Malang. Meski tercatat sebagai warga kota, yang bersangkutan memiliki tempat usaha di Kabupaten Malang. Yaitu persewaan Futsal Champion masuk wilayah Kecamatan Dau.

Sesuai penelusuran Satpol PP dan Linmas yang dikepalai Edy Muljono, ternyata lapangan Futsal itu tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan. Hal itu juga diketahui dari konfirmasi yang dilakukan Satpol PP kepada Edy. Atas dasar hal itu dia kemudian diajukan ke Pengadilan Negeri Kepanjen.

"Iya memang benar, kalau untuk HO hotel, itu adalah rekomendasi Dinas Pariwisata mas," aku Kepala Bidang Penyidikan dan Penindakan Stefanus L. Horsayr kepada Malang Post.

Menurut Stefanus, untuk pelanggaran HO menyalahi Perda nomor 12 tahun 2007 tentang izin gangguan. Menilik kesalahannya, maka bisa dikenai dengan sanksi denda (tipiring) Rp 877 ribu. Sedangkan untuk pelanggaran IMB dendanya bakal lebih besar ketimbang HO.

"Menyalahi Perda nomor 11 tahun 2007 tentang izin mendirikan bangunan (IMB)," ujarnya.

Bila melihat perda tersebut, besar kemungkinan, pemilik lapangan futsal dikenai denda Rp 1,320 juta. Menurut Stefanus, selama ini kedua pengusaha tersebut kooperatif ketika didatangi Satpol PP. Mereka mengaku terus terang dan tak berbelit bahwa tidak mengantongi kedua izin itu.

"Mereka kooperatif dan memastikan akan hadir dalam persidangan di Kepanjen," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
tipiring di kabupaten malang sanksi izin gangguan berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs