Pemkab Lakukan Survei Sumber Air

Senin, 26 September 2011 - 13:51 WIB • Dibaca 108 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggandeng Badan Tenaga Nuklir Nasional untuk melakukan survei lokasi sumber air yang ada kawasan Malang selatan.

Baca Juga

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Malang Budi Iswoyo, Senin, mengemukakan, survei titik-titik sumber air itu diprioritaskan di lima kecamatan di wilayah Malang selatan, karena kawasan itu yang selalu mengalami kekeringan ketika musim kemarau.

“Setelah ditemukan titik-tirik sumber air, kami baru akan melakukan pengeboran untuk menambah sumur yang sudah ada. Setiap kecamatan rencananya ditambah tiga titik sumur bor, namun lokasinya masih belum bisa ditentukan,” katanya.

Budi mengatakan, penentuan lokasi titik sumur bor tersebut masih menunggu hasil survei. Karena itu, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi secara intensif dengan Batan.

Lima kecamatan yang menjadi prioritas pengeboran sumur adalah Sumbermanjing Wetan, Bantur, Kalipare, Pagak serta Gedangan.

Sebenarnya, kata Budi, pada awal 2011 sudah dilakukan pengeboran di Desa Sumbergesing, Kecamatan Gedangan, namun titik yang dibor tersebut tidak menghasilkan air, padahal kedalamannya sudah mencapai 200 meter lebih dan anggaran yang dikeluarkan juga cukup besar, yakni mencapai Rp1,4 miliar.

Hanya saja, lanjutnya, anggaran tersebut bukan diambilkan dari APBD 2011, melainkan dari APBD 2009 sebesar Rp600 juta dan 2010 sebesar Rp800 juta. Anggaran tersebut sudah termasuk untuk pembelian pompa dan alat bor.

Anggaran untuk pengeboran sumur yang disurvei titik-titik sumbernya oleh Batan tersebut tidak dimasukkan dalam APBD 2011, melainkan 2012.

“Untuk menentukan besar kecilnya anggaran, kami masih menunggu hasil survei dulu. Sebab, semakin dalam sumur yang dibor semakin besar pula biayanya. Dan, rata-rata sumur bor itu mencapai kedalaman 150-200 meter,” ujarnya.

Ada tujuh kecamatan dari 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang yang rawan mengalami kekeringan ketika musim kemarau. Selain kelima kecamatan yang menjadi prioritas pembangunan sumur bor, masih ada dua kecamatan lagi, yakni Poncokusumo dan Singosari.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
sumber air lima malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs