Pemkot Verifikasi Ulang Pedagang Pasar Dinoyo

Senin, 26 September 2011 - 13:07 WIB • Dibaca 242 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, melalui Dinas Pasar setempat menggelar verifikasi ulang terhadap jumlah pedagang di Pasar Dinoyo guna mencegah adanya pedagang ilegal berjualan di pasar relokasi.

Baca Juga

Kepala Dinas Pasar Pemkot Malang, Bowo Soeprasetyo, Senin, mengatakan, setelah verifikasi itu pihaknya langsung menentukan zona berjualan sesuai jenis dagangan yakni dagangan basah dan kering.

“Hasil verifikasi pedagang ini nantinya menjadi bahan bagi Dinas Pasar sebelum melakukan relokasi pedagang di tempat penampungan selama proses pembangunan Pasar Dinoyo,” katanya.

Ia mengatakan, untuk menghindari fitnah, verifikasi ulang terhadap jumlah pedagang itu bekerja sama dengan peguyuban pedagang di pasar setempat.

Lebih lanjut Bowo mengatakan, verifikasi ulang tersebut nantinya digunakan untuk mengatur posisi pedagang di tempat relokasi yang sudah dibangun di kawasan Merjosari.

Jumlah pedagang, katanya, harus tepat dengan kios, bedak, dan los yang ada di pasar relokasi, agar tidak menimbulkan masalah.”Pendataan pedagang ini ditargetkan tuntas pekan depan, agar proses relokasi juga bisa segera dilakukan,” ujarnya.

Manajer Operasional PT Citra Gading Asritama (investor pembangunan Pasar Dinoyo), Wisnu Murti Wibowo juga berharap proses relokasi pedagang segera dilakukan secepatnya, karena sesuai jadwal, pada pekan ketiga Oktober akan dilakukan penanaman tiang pancang pertama pembangunan Pasar Dinoyo.

Pembangunan (modernisasi) Pasar Dinoyo di atas lahan seluas 8.990 meter persegi itu membutuhkan angagran sekitar Rp 191,8 miliar. Pembangunan tersebut meliputi pasar tradisional yang berdampingan dengan mal Dinoyo City Square.

“Seluruh bangunannya (pasar tradisional dan mal) kami targetkan tuntas pada Oktober 2012 atau selama satu tahun,” katanya.

Selain Pasar Dinoyo, pasar tardisional yang bakal dimodernisasi dalam waktu yang bersamaan adalah Pasar Blimbing. Hanya saja Pasar Blimbing akan dikerjakan oleh PT Karya Indah Sukses dengan anggaran lebih dari Rp250 miliar karena di atas pasar akan dibangun apartemen.

Relokasi pedagang Pasar Blimbing dijadwalkan akhir Juni 2011, namun sampai saat ini masih belum dilakukan. Sedangkan pedagang Pasar Dinoyo dijadwalkan pada akhir Maret 2011, namun gagal dan dijadwalkan kembali akhir Juni. AKan tetapi gagal kembali dan rencananya pada akhir September 2011.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
relokasi pasar dinoyo malang verifikasi pasar blimbing berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs