Surat Pengesahan M Nur Beredar

Senin, 26 September 2011 - 08:17 WIB • Dibaca 193 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Surat keputusan PSSI yang ditunggu-tunggu terkait adanya dualisme kepengurusan Arema akhirnya muncul juga. Setidaknya surat tersebut beredar ramai di dunia maya, atau telah dimuat di beberapa media online. Meski tak jelas sumber dari asl muasal surat tersebut.

Baca Juga

Malang Post pun sempat melihat dan membaca surat dengan nomor 1698/AGB/152/IX-2011 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal PSSI, Tri Goestoro tersebut. Intinya surat tersebut menegaskan bahwa PSSI memutuskan mengakui klub Arema dibawah Muhammad Nur.

Sepintas ada beberapa kejanggalan dalam surat yang tertanggal 23 September 2011 ini. Sehingga Aremania yang sempat membaca surat ini juga merasakan adanya beberapa kejanggalan dalam surat yang ditembuskan kepada Ketua Umum PSSI, Wakil Ketua Umum PSSI, Anggota Ekskutif Komite dan Pengprov PSSI Jatim ini.

Seperti disebutkan oleh Aremania, bahwa verifikasi klub profesional itu terkait dengan verifikasi badan hukum dalam bntuk Perseroan Terbatas (PT), dan bukan badan hukum dalam bntuk Yayasan. Sedangkan dalam surat itu disebutkan status M. Nur dalam PT Arema Indonesia/Yayasan Arema Indonesia.

M. Nur pun tidak dijelaskan status posisinya di PT Arema Indonesia. Konsideran untuk memutuskan pihak yang berhak mengelola Arema tidak disebutkan akta PT dan tahun pengesahannya. Selanjutnya, dalam surat berskala nasional seperti PSSI, hanya ditandatangani oleh Sekjen, bukan oleh Ketua Umum.

Dalam paragraph pertama surat ini sebagai dasar penentapan PSSI disebutkan rapat Komite Eksekutif yang diadakan di Jakarta, Kamis tanggal 22 September. Meski sebenarnya rapat Exco PSSI ini sejatinya dilakukan Rabu (21/9) malam hingga Kamis (22/9) dini hari saat ada keputusan.

Benarkah surat pengesahan kubu M. Nur ini telah dikirim ke Malang? Jika mengacu pada proses pengiriman surat selama ini yang menggukana media fax, maka surat tersebut semestinya dalam kondisi hitam-putih. Namun kenyataannya, surat yang beredar di media online ini masih berwarna untuk kepala surat dan stempelnya.

Praktis, pada surat yang terjadi salah ketik untuk kata Pengprov PSSI Jawa Timur ini cukup mencurigakan. Sekalipun Malang Post juga sempat menerima sebuah pesan pendek (sms) bahwa surat keputusan PSSI ini sudah berada di rumah Lucky Acub Zaenal, pendiri Arema yang selama ini mendampingi kubu M. Nur.

Sayang, Lucky sendiri saat dikonfirmasi mengaku belum bisa memastikan keberadaan surat tersebut. “Saat ini saya masih sakit, dan saya belum ngecek surat itu, coba kamu hubungi Pak Nur saja," ungkap pria yang akrab disapa Sam Ikul ini saat dikonfirmasi Malang Post tadi malam.

Sementara M. Nur, seperti biasanya tak meu menjawab konfirmasi Malang Post. Meski ada nada sambung, Mantan Sekda kota Malang ini memilih tak menjawab. Begitupun Tri Goestoro yang coba dihubungi Malang Post melalui telpon genggamnya, juga tak menjawab. Baik saat dihubungi langsung maupun lewat sms.

Manajemen Arema dibawah kendali tiga Pembina Yayasan Arema, Rendra Kresna, Iwan Budianto dan Eddy Rumpoko pun menanggapi dingin adanya surat yang terkesan palsu tersebut. Apalagi kabarnya Ketua Pengprov PSSI Jatim, La Nyala Mattaliti juga belum menerima tembusan surat ini.

Termasuk kubu Rendra, tak menerima adanya surat tersebut di kantor Arema di jalan Sultan Agung nomor 9, Kota Malang. Padahal PSSI jelas-jelas sudah mengakui adanya dualisme kepengurusan Arema ini, namun saat memberi keputusan pada satu pihak, pihak yang lain tanpa ada pemberitahuan.

“Sejak awal kita sampaikan ke PSSI bahwa kita meyakini bahwa PSSI itu sebagai induk organisai sepakbola tertinggi, mereka akan kerja profesional dan obyektif, jadi kalau bisa dalam kegiatannya mengedepankan obyektiftas, kejujuran dan transparansi. Tapi sampai sore ini kita belum menerima surat itu di kantor kami," terang Manajer Media Officer Arema, Sudarmaji mewakili pihak Rendra.

“Dengan keputusan itu, kalau itu benar surat yana beradar di dunia maya itu ada, PSSI itu kan mengakuai dua kubu, alangkah baiknya, kalau dua belah pihak diberi surat tersebut agara kita mengetahui ketetapan dari PSSI itu," sambung mantan wartawan ini saat ditemui Malang Post dikantor Arema, kemarin sore.

Menurut Darmaji yang juga telah membaca surat tersebut dari dunia maya mengaku, harusnya juga disampaikan, apa yang menjadi alasan PSSI. Khususnya menyangkut masing-masing kekurangan kedua belah pihak. Termasuk alasan penolakan pada pihak Rendra.

“Apalagi ini sudah melibatkan publik, dalam hal ini Aremania. Jadi agar Aremania berpikir obyektif , dan agar tidak terjadi fitnah, ya PSSI harus transpran. Kita mencitai PSSI, tapi kalau tidak transparan, orang akan jadi resistensi pada PSSI. Yam karena kita belum menerima surat resmi, ya kita anggap PSSI belum ambil keputusan dan kita masih menunggu kepastian surat dari PSSI itu," pungkas Darmaji.

Berikut surat resmi dari PSSI tersebut:

Nomor : 1698/AGB/152/IX-2011 Jakarta 23 September 2011
Lampiran: -
Prihal : Status Klub Arema Indonesia

Kepada Yth
Klub Arema Indonesia
di Malang

Salam Sepakbola
Sehubungan dengan status kepemilikan klub Arema Indonesia,Eksekutif Komite PSSI telah melakukan pembahasan pada rapat eksekutif komite yang diadakan di Jakarta, Kamis tanggal 22 September 2011.

Rapat tersebut memutuskan bahwa PSSI mengakui klub Arema Indonesia dibawah Sdr. DR. Muhamad Nur, SH.,M.Si (PT. Arema Indonesia/Yayasan Arema Indonesia) sebagai anggota PSSI sehingga berhak mengikuti seluruh kegiatan yang menjadi agenda PSSI.

Selanjutnya, kepada yang bersangkutan agar segera melengkapi seluruh persyaratan untuk menjadi peserta kompetisi Liga Super Indoensia sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Demikian agar menjadi maklum.

Sekretaris Jenderal

Tri Goestoro

Tembusan Yth:
1. Ketua Umum PSSI sebagai laporan
2. Wakil Ketua Umum
3. Anggota Eksekutif Komite
4. Pengrov PSSI Jawa Timur

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs