Harga Tomat Turun, Petani Merugi

Minggu, 25 September 2011 - 10:05 WIB • Dibaca 354 kali

Foto: malang post

PONCOKUSUMO, MALANGRAYA.info – Rugi besar saat ini tengah dialami sebagian besar petani sayur di Kecamatan Poncukusumo. Musim panen tomat yang diharapkan harganya bisa tetap stabil di angka Rp 1.500 per kilogram, justru mengalami penurunan sangat memprihatinkan, yani di titik Rp 300 per kilogram.

Baca Juga

“Musim panen tomat kali ini benar-benar membuat kami merugi. Bisa dibayangkan, harga yang biasanya di angka Rp 1.500, justru turun hingga ke angka tidak kurang dari Rp 500 per kilogram," kata Riyantik, petani tomat yang ditemui Malang Post kemarin.

Riyantik mengaku ia dan beberapa rekan sesame petani sayur tidak mampu berbuat apa-apa dengan harga pasar yang berlaku sewenang-wenang itu. Karena dengan harga jual yang sangat menurun, pastinya harus memupuskan harapan bisa untung di musim panen tomat yang sekarang berlangsung di Kecamatan Poncokusumo.

“Untuk per satu hektarenya petani tomat rata-rata menghabiskan biaya antara Rp 15 Juta sampai Rp 25 Juta. Dengan harga jual yang sekarang, biaya tanam hingga panen sudah pasti akan minus. Untuk perhektarenya kami hanya bisa maksimal memanen 50 ton tomat," urai Bapak tiga anak ini.

Penurunan harga tomat yang terjadi sekarang, tambah petani asli Desa Poncokusumo itu, sangatlah mengejutkan petani. Mengingat, harga tomat sebenarnya mampu menembus angka Rp 5.500 per kilogramnya.

“Biasanya kalau setelah lebaran, harga tomat memang menurun. Namun yang terjadi sekarang, benar-benar turun dan sepertinya susah dikatrol lagi," paparnya di sela memasukkan sejumlah tomat panenan ke kotak untuk dijual.

Kian menurunnya harga, Riyantik berharap, di musim panen tomat mendatang, harga kembali normal.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs