PNS Dilanda Isu Penghapusan Uang Lauk Pauk

Minggu, 25 September 2011 - 09:04 WIB • Dibaca 214 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Kalangan PNS Kota Batu, kini sedang resah oleh kabar penghapusan uang lauk pauk (LP) sebesar Rp 250 ribu per bulan. Apalagi penghapusan itu bakal dimulai disaat pembayaran gaji per Oktober nanti.

Baca Juga

Sejumlah PNS menjelaskan, penghapusan uang LP itu karena uang tersebut dialihkan untuk pembangunan block office. Itu karena penyelesaian gedung A block office, masih membutuhkan anggaran Rp 27 M. Sedangkan untuk menuntaskan semua fasilatas, butuh anggaran Rp90 M.

"Saya juga sudah mendengar kabar penghapusan uang LP itu. Namun untuk memastikannya, kami masih menunggu pembayaran gaji Oktober nanti," ungkap salah satu PNS di lingkungan Pemkot Batu kepada Malang Post.

PNS di lingkungan Pemkot, sebanyak 4500 orang termasuk guru. Jika uang LP dihapus, ada anggaran sekitar Rp 1,1 M per bulan yang tidak diberikan kepada PNS. Uang tersebut akan lebih dari Rp 11 M, jika LP tidak diberikan dalam jangka setahun.

Informasi yang berkembang lainnya, PNS di beberapa daerah sudah tidak mendapatkan uang LP. Jika kabar itu benar, mereka khawatir akan merembet ke Kota Batu, apalagi kota ini masih butuh pembangunan.

Menanggapi kabar itu, Sekda Widodo menyatakan bahwa keresahan para PNS tersebut tidak beralasan. Masalahnya sampai saat ini belum ada aturan yang menyatakan bahwa Pemkot menghentikan uang LP. Dengan begitu hak PNS tetap akan diberikan kepada yang bersangkutan.

"Kami memberikan hak-hak kepada pegawai, pasti ada dasar hukumnya. Kalau tidak ada dasar hukumnya, semisal menghentikan uang LP justru malah salah. Bahkan penghentian hak seperti itu, bisa dikategorikan korupsi sehingga pejabat bisa diperiksa KPK," ungkap Widodo.

Mengenai pembangunan block office, kata dia, tidak mungkin anggaran menggunakan uang LP dari pegawai. Pengalihan sebuah pos anggaran seperti itu, juga harus ada dasar hukumnya. Pemkot sendiri, akan mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp 27 M dalam PAK ABPD 2011 atau APBD 2012. Bahkan, Pemkot juga mengajukan anggaran Rp 90 M kepada pemerintah pusat, sehingga sama sekali tidak akan memotong hak para pegawai.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs