Perlintasan Liar KA Akan Dipasang Pengaman

Sabtu, 24 September 2011 - 08:25 WIB • Dibaca 279 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Lintas Kereta Apil (KA) tanpa palang pintu di Kabupaten Malang menjadi sasaran proyek pemasangan Automatic Warning System (AWS). Sejumlah lintasan KA mulai dibangun AWS serta palang pintu untuk meminimalisir angka kecelakaan akibat KA. Proyek itu digarap oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia.

Baca Juga

Humas Daerah Operasional (Daops) VIII, Surabaya, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Sri Winarto mengatakan ada 108 palang pintu yang dibangun Dishub. Pemasangan itu memang menjadi kewajiban Dinas Perhubungan. PT KAI tidak memiliki kewenangan untuk membantu proses operasional AWS.

"Pemasangan baik penutupan palang pintu menjadi kewenangan Dishub, KAI sama sekali tak memiliki kewenangan," aku Sri Winarto.

Menurut Sri Winarto, AWS yang digunakan oleh Dinas Perhubungan memiliki lampu dan sirine. AWS ini tetap beroperasi pada malam hari lantaran memiliki batere penyimpan energi. Pada siang hari AWS yang dilengkapi tenaga surya menyerap energi untuk disimpan di batere.

"AWS ini manfaat yang merasakan langsung adalah masyarakat, kita mendukung penuh upaya dari Dishub," katanya.
Sri menyebutkan, di wilayah Daops VIII ada sebanyak 782 titik perlintasan KA. Perlintasan resmi ada sebanyak 656 titik, sisanya sebanyak 126 merupakan perlintasan liar, dan harus diwaspadai oleh para pengguna jalan yang akan melintas.

Menurut catatan KAI di wilayah Kota, dan Kabupaten Malang, tercatat ada sebanyak 22 titik perlintasan KA liar. Terdiri dari tujuh titik berada di wilayah Kota Malang dan sekitar 15 titik ada di wilayah Kabupaten Malang. Jumlah perlintasan KA di wilayah Malang Raya mencapai sebanyak 97 titik.

Untung Sudarto Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pemkab Malang membenarkan data itu. Menurut dia, sebanyak 75 titik, merupakan perlintasan resmi yang memiliki palang pintu. Artinya lintas seperti itu dijaga oleh penjaga perlintasan.

"Perlintasan resmi ada 36 titik berada di wilayah Kota Malang sisanya 39 titik berada di wilayah Kabupaten Malang," terangnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs