Ratusan Aktivis BKLDK Tolak RUU Intelijen

Jumat, 23 September 2011 - 17:46 WIB • Dibaca 312 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Ratusan mahasiswa yang terdiri dari Badan Koordinasi Lembaga Dakwa Kampus (BKLDK) Malang menggelar aksi. Mereka menolak pengesahan RUU Intelijen. Pasalnya, RUU Intelijen dinilai multitafsir dan membahayakan rakyat.

Aksi aktivis BKLDK itu berlangsung di Jl Veteran Kota Malang, depan kampus Universitas Brwijaya, Malang, sekira pukul 13.30 WIB, Jumat (23/9/2011). Berbagai poster yang bertuliskan penolakan yang dibawanya. “Kita harus tegas menolak pengesahan RUU Intelijen,” teriak salah satu orator saat aksi.

Baca Juga

Sementara itu, menurut Ketua Badan Eksekutif BKLDK, Rizqi Awal, setelah beberapa kali RUU Intelijen gagal akan disahkan oleh DPR RI, ternyata secara diam-diam melakukan pembahasan. “Dan bahkan saat ini dalam proses pengajuan untuk disahkan pada 27 September mendatang,” jelasnya.

Pihaknya melakukan penolakan, karena dalam draf terakhir, masih terdapat pasal multitafsir dan bermasalah. Kalau pasal itu tetap disahkan, akan berpeluang melahirkan rezim represif yang memata-matai rakyat.

“Tragisnya, RUU Intelijen nantinya, akan berpeluang dijadikan alat oleh pemerintah dalam hal ini Presiden. Bahkan Kepala BIN, nantinya berubah menjadi satu-satunya pihak yang menentukan telah terpenuhinya indikasi dan bukti awal yang cukup pada diri seseorang sehingga orang itu boleh disadap, diselidiki, dan ditangkap,” jelasnya.

Bahkan, dalam kemiliteran, TNI bisa menjadi luas tugasnya, yaitu menghadang dan melakukan penangkapan kepada rakyat bila UU itu resmi disahkan. “RUU Intelijen, memang penting dalam negara. Tapi tak harus memusuhi rakyat. Dan tak boleh jadi alat kepentingan mengamankan status quo. Apalagi, digunakan untuk memberangus setiap usaha memperjuangkan syariat Islam,” katanya.

Kalau nantinya, RUU Intelijen disahkan, bukan tak mungkin rezim orde baru akan kembali terulang. “Padahal dalam al-Quran jelas dikatakan, janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain,” ujarnya.

Rizqi menegaskan, BKLDK Nasional menolak disahkannya RUU Intelijen, meminta kepada pihak terkait membatalkan atau mengoreksi pasal-pasal bermasalah dan multitafsir. “Selain itu, mengajak kepada semua pihak umat terutama mahasiswa untuk menyadari bahaya dari RUU Intelijen itu. Mari beri penyadaran kepada rakyat bahaya RUU Intelijen kalau disahkan,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs