Ratusan CJH Pilih Mutasi ke Kota Malang

Jumat, 23 September 2011 - 10:52 WIB • Dibaca 150 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Sebanyak 360 orang calon jamaah haji (CJH) memilih mutasi (pindah) ke Kota Malang, Jawa Timur karena berbagai alasan.

Baca Juga

Kepala Tata Usaha (TU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang Sapardi, Jumat, mengakui, angka mutasi masuk yang mencapai 360 calhaj tersebut lebih banyak ketimbang yang mengajukan mutasi keluar yang hanya sebanyak 150 calhaj.

“Dengan adanya mutasi masuk yang cukup banyak ini, jumlah calhaj Kota Malang yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini (2011) menjadi bertambah sekitar 210 orang,” katanya.

Calhaj asal Kota Malang yang berangkat ke Tanah Suci 2011 semula sebanyak 1.177 orang, namun dengan adanya mutasi masuk dan keluar yang tidak sebanding, akhirnya menjadi 1.387 orang.

Akibatnya, kelompok terbang (kloter) yang dijatah hanya tiga, yakni kloter 75, 76 dan 78 itu tidak mampu menampung seluruh calhaj yang berangkat dari Kota Malang. Tiga kloter tersebut hanya akan mengankut 1.335 calhaj, sehingga ada 52 orang calhaj yang tidak bisa berangkat bersamaan.

Menurut Sapardi, alternatifnya, calhaj yang tidak terangkut bersamaan dengan kloter dari Kota Malang diikutkan bersama-sama dengan calhaj dari Kota Batu atau Kabupaten Malang, sehingga jadwal keberangkatannya juga menyesuaikan dengan kloter yang diikuti.

Lebih lanjut Sapardi mengatakan, alasan mutasi para calhaj, baik yang masuk maupun keluar Kota Malang sebagian besar karena mereka ingin berangkat bersama keluarga dan ada beberapa karena alasan pindah dinas.

Ia mengemukakan, calhaj yang melakukan mutasi masuk ke Kota Malang sebagian besar berasal dari Kabupaten Malang dan sebaliknya, yang keluar dari Kota Malang sebagian besar juga mutasi ke Kabupaten Malang.

Menyinggung calhaj yang mengundurkan diri atau gagal berangkat karena alasan sakit dan belum melunasi Biaya Penyelengaan Ibadah haji (BPIH), Sapardi mengaku, tidak ada.

“Calhaj asal Kota Malang yang berangkat tahun ini Insyaa Allah berangkat semua. Memang ada beberapa yang berisiko tinggi (risti) karena lanjut usia,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs