Dana Hibah untuk LKPM Naik 50 Persen

Jumat, 23 September 2011 - 10:09 WIB • Dibaca 220 kali

ILUSTRASI - Foto: shutterstock

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Dana hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LKPM) di Kota Malang, Jawa Timur, tahun 2012 naik 50 persen.

Baca Juga

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang Dr Djarot Edi Sulistyo, Kamis, mengatakan hibah APBD untuk masing-masing kelurahan saat ini sebesar Rp500 juta dan kemungkinan besar akan naik 50 persen atau menjadi Rp750 juta.

“Pak wali (wali kota) juga menginginkan adanya penambahan hibah untuk LPMK, namun mekanismenya secara proporsional. Artinya, jika LPMK bersangkutan kinerjanya bagus maka hibahnya ditambahnya, tapi jika sebaliknya, dana hibahnya juga tetap sebesar Rp500 juta,” ujarnya.

Hanya saja, lanjutnya, mekanisme proporsional itu saat ini masih terus dikaji dan dimatangkan.”Berbagai masukan dari masyarakat juga kita dalami, agar ke depan format hibah ini semakin bagus dan tidak tumpang tindih dengan program lainnya,” tegas Djarot.

Menyinggung pengajuan pencairan hibah tahap kedua sebesar Rp250 juta, mantan Kahumas Pemkot Malang itu mengatakan, dari 57 kelurahan, hanya 10 kelurahan yang belum mengajukan. Kelurahan yang belum mengajukan diberi waktu hingga akhir September mendatang.

Sebab, lanjutnya, November nanti mulai dilakukan tahapan evaluasi, sehingga penyusunan program untuk tahun berikutnya bisa dilakukan lebih lama termasuk sinkronisasi dengan program-program dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain.

Pengalaman pada tahun-tahun pertama, katanya, beberapa program pembangunan fisik ada yang tumpang tindih dengan proyek yang dikerjakan oleh Dinas Pewkerjaan Umum (DPU) maupun program PNPM Mandiri.

Kucuran dana hibah LPMK di Kota Malang tersebut awalnya hanya sebesar Rp50 juta dan setiap tahun mengalami kenaikan, bahkan target nominalnya bisa mencapai Rp1 miliar per kelurahan.

“Kalau semua program berjalan lancar dan anggaran maupun secara keadministrasian dapat dipertanggungjawabkan oleh masing-masing LPMK, maka kucuran dana hibah tersebut pasti ditambah dan targetnya hingga mencapai Rp1 miliar per kelurahan per tahun,” ujarnya.

Pengelolaan dana hibah tersebut tidak dikelola oleh pihak kelurahan, namun diserahkan kepada LPMK, baik secara keadministrasian maupun program penggunaan anggarannya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs