Terbuka Peluang Honorer Jadi CPNS

Kamis, 22 September 2011 - 09:07 WIB • Dibaca 358 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Harapan pegawai honorer Kota Batu, untuk diangkat menjadi CPNS masih sangat terbuka. Munculnya peluang itu, karena DPR sudah menggodok Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) menjadi PP setelah adanya pertemuan antara para Sekda Provinsi dengan Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara di Jakarta, pekan lalu.

Baca Juga

Pertemuan tersebut membahas masalah RPP, termasuk di dalamnya ada program penghentian perekrutan CPNS jalur umum, hingga pengangkatan pegawai honorer menjadi CPNS. Pihak Pemprov juga memberikan tembusan, kepada Pemkot maupun Pemkab di Jatim soal pertemuan itu.

"Ya kami mendapatkan tembusan soal pertemuan itu. Namun bagaimana hasilnya dengan pertemuan itu, kami belum mengetahuinya," ungkap Kepala BKD Kota Batu, Abu Sufyan kepada Malang Post, kemarin.

Ditambahkan, pihaknya juga masih menunggu adanya PP baru untuk pengangkatan pegawai honorer menjadi CPNS. Tanpa adanya PP baru, Pemkot melalui BKD tidak bisa berbuat apa-apa untuk menjadikan status para pegawai honorer ini meningkat.

Menurutnya, PP tersebut akan mengikat seluruh daerah di Indonesia. Begitu juga jika pegawai honorer suatu daerah bisa diangkat menjadi CPNS, Kota Batu juga bisa diangkat. Demikian pula sebaliknya, jika pegawai honorer tidak bisa diangkat, honorer di Kota Batu juga tidak bisa diangkat.

Sekda Kota Batu, Widodo mengakui menerima tembusan soal pertemuan antara Sekda Provinsi seluruh Indonesia di Jakarta. Permasalahan pegawai honorer, memang menjadi masalah nasional karena semua daerah memiliki pegawai honorer.

"Kalau harapan kami, semuanya tentu bisa diangkat menjadi CPNS sehingga tidak ada permasalahan lagi. Apalagi gaji pegawai honorer sangat membebani APBD, karena tidak dianggarkan dari Dana Alokasi Umum (DAU). Kalau semua sudah menjadi CPNS, ada anggaran khusus dari pemerintah pusat sehingga tidak membebani APBD," tegas Widodo.

Di Pemkot Batu sendiri, ada sekitar 500 pegawai honorer yang tersebar dari seluruh SKPD. Mereka rata-rata mendapatkan honor Rp 900 ribu per bulan, sehingga ada sekitar Rp 450 juta perbulan APBD yang tersedot untuk honor para pegawai honorer itu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
bkd kota batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs