Kota Malang Akan Gelar Uji Coba Ujian Online

Kamis, 22 September 2011 - 08:31 WIB • Dibaca 224 kali

ILUSTRASI - Foto: shutterstock

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kota Malang ditunjuk sebagai kota percontohan pelaksanaan ujian online. Rencananya uji coba ini akan segera dimulai pada 22 Oktober mendatang. Menurut Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Malang, Tri Suharno ujian online ini adalah strategi untuk memperbanyak latihan soal di sekolah dengan lebih efisien karena tidak menggunakan kertas atau paperless.

Baca Juga

"Program ini dirancang oleh SEAMOLEC untuk selanjutnya akan diterapkan secara nasional," ungkapnya.

Di Kota Malang selama dua hari Selasa-Rabu kemarin sudah digelar workshop pembekalan bagi guru penyusun soal ujian. Selanjutnya materi soal yang dibuat akan disebar ke 200 sekolah di berbagai daerah sebagai bahan ujian online. Konsepnya masih semi manual karena guru di setiap daerah harus mendownload lebih dulu dijaringan yang telah dibuat oleh SEAMOLEC.

Baru kemudian ditampilkan dalam LCD secara berurutan. Dalam penyusunannya soal ini akan dibuat dalam bentuk A dan B untuk menghindari siswa berbuat kecurangan.

"Sosialisasi mengenai model ulangan baru ini sudah kami lakukan kepada siswa, dan ada yang pro juga kontra," kata dia.

Kepala SMAN 4 Malang ini mencontohkan bagi siswa yang terbiasa mengerjakan soal dengan mendahulukan soal mudah, tentu tidak bisa lagi. Sebab soal akan ditampilkan berurutan dengan batas waktu tertentu. Jika tidak bisa menjawab maka soal tersebut tidak akan bisa dibaca lagi.

"Kalau sudah terbiasa dengan model latihan soal online tentunya siswa tidak akan kesulitan lagi," jelasnya.
Rencananya setelah diuji cobakan di Malang hingga Maret tahun depan, selanjutnya akan digelar pelatihan bagi para guru se Indonesia. Malang akan menjadi tempat latihan ini karena para guru penyusun soal di Malang yang akan menjadi pelatihnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
ujian online berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs