Bulog Pastikan Distribusi Raskin Aman

Rabu, 21 September 2011 - 19:19 WIB • Dibaca 140 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kantor Bulog Sub Divre Malang memastikan jika distribusi beras miskin bagi warga kurang mampu atau gakin di wilayah itu masih aman.

Baca Juga

Kepala Kantor Bulog Sub Divre Malang Awalaudin Iqbal, Rabu, menegaskan, pasokan beras untuk beras miskin (raskin) bagi gakin di wilayah Malang Raya masih aman, meski pengadaan beras dari petani saat ini mulai menipis.

“Walaupun stok beras di gudang Bulog mulai menipis, masyarakat tidak perku khawatir, karena bisa kita ambilkan dari gudang lain yang masih di bawah naungan Bulog Malang, seperti dari Pasuruan,” tegasnya.

Selain itu, katanya, juga ada beberapa gudang lain yang siap memasok berasnya ke Bulog Malang, yakni dari Surabaya dan Mojokerto. Prinsip logistik adalah untuk menyalurkan program yang sudah menjadi ketetapan bisa terpenuhi termasuk penyaluran raskin tidak boleh tertunda dan tetap jalan.

Iqbal mengakui, belum terpenuhinya stok beras pengadaan Bulog di antaranya disebabkan oleh harga beras yang dipatok petani cukup tinggi atau melebihi harga yang dipatok pemerintah (HPP). Beras yang dijual petani rata-rata mencapai Rp7.000/kg, sedangkan harga pemerintah hanya Rp6.000/kg, bahkan HPP awal 2011 sekitar Rp5000/kg.

Menurut dia, jika petani sudah bisa menikmati harga yang mahal, maka tidak mungkin dijual ke Bulog, tapi langsung ke pasaran (masyarakat).

“Yang terpenting bagi kami adalah tanggung jawab Bulog untuk memenuhi kebutuhan raskin terpenuhi dan tetap menjaga stabilitas harga di pasaran, agar tidak sampai terjadi gejolak di masyarakat,” ujarnya.

Selain harus tetap bisa memenuhi kebutuhan raskin, katanya, Bulog juga berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan cadangan penanganan bencana dan pascabencana.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan, jatah raskin untuk September sudah dibagikan bersamaan dengan jatah Agustus lalu. Bahkan, pada Agustus lalu juga dilakukan operasi pasar (OP) selama satu bulan penuh untuk menjaga stabilitas harga menjelang Lebaran.

Warga Kota Malang yang menerima raskin mencapai 26.755 kepala keluarga (KK), Kabupaten Malang 155.700 KK dan Kota Batu mencapai 5.800 KK. Masing-masing KK mendapatkan jatah 15 kilogram dengan harga Rp1.600 per kilogram.

Harga beras di wilayah Malang Raya rata-rata mencapai Rp7.500/kg untuk beras polos medium. Sedangkan merek Bintang kemasan lima kg seharga Rp42.500 atau sekitar Rpo8.500/kg.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs