Penerapan E-KTP Kota Malang

E-KTP Masih Sepi Peminat

Rabu, 21 September 2011 - 19:02 WIB • Dibaca 263 kali

Foto: beritajatim.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Program e-KTP yang bergulir Rabu (21/9/2011), di Kota Malang, tak semarak yang didengungkan para elit di level nasional. Terbukti, di hari pertama e-KTP, terlihat sepi peminat. Walaupun undangan sudah disebar, masyarakkat terlihar enggan mendatangi kantor kecamatan.

Baca Juga

Dari pantauan beritajatim.com, Rabu (21/9/2011) siang, baru sekira ada 50 orang yang memprosesnya di kantor Kecamatan Klojen. Puluhan kursi yang disiapkan panitia e-KTP terlihat kosong tak berisi.

Sepi peminat tak hanya terjadi di kantor Kecamatan Klojen. Namun juga terjadi di Kecamatan Sukun. Di Kecamatan tersebut hingga pukul 11.30 WIB, baru bisa menyelesaikan di bawah 50 orang.

Menurut pengakuan Camat Klojen, Priyadi, target di daerahnya sebanyak 90 ribu wajib e-KTP, yang harus diselesaikan di selama 3 bulan. “Tapi kalau tak bisa diselesaikan, bisa ditambah,” akunya.

Di Kecamatan Klojen, jumlah penduduknya sebanyak 140.919 orang. Namun, yang wajib e-KTP hanya 90 ribu. kekurangannya akan dilanjutnya pada e-KTP reguler. “Banyak yang tida bisa hadir hari pertama, kemungkinan ada yang masih kerja, dan tak bisa ditinggal,” katanya.

Yang penting, kata Priyadi, sebanyak 300 orang perhari itu, bisa diselesaikan hingga pukul 18.00 WIB. “Bagi yang tidak menerima undangan, bisa langsung lapor ke masing-masing kelurah setempat. Nanti kelurahan yang akan memproses seluruh kelengkapannya,” katanya.

Ditanya soal apakah ada biaya untuk e-KTP, Priyadi dengan tegas mengatakan, tak ada biaya apapun. “Proses e-KTP gratis. Tak dipungut biaya apapun. Biar tidak ada diskomunikasi, saya tegaskan e-KTP gratis,” tegasnya.

Selain itu, Camat Klojen juga mengeluhkan terkait lamanya proses selesainya e-KTP itu. “Selesainya memang lama. Tapi mau gimana lagi, hal itu sudah keputusan dari pusat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Malang, Rahman Nurmala, saat melakukan inspeksi mendadak ke berbagai kecamatan di Kota Malang mengatakan bahwa alat pinjaman dari pusat belum ada yang datang.

“Alat pinjaman dari pusat, yang datang hanya di Kecamatan Klojen. Itupun hanya dua alat saja. Kalau alat yang dari hibah sudah datangnya dan komplet. Mungkin untuk yang pinjaman dalam minggu-minggu ini baru tiba di Kota Malang,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs